KPU Pontianak Buka Pendaftaran Caleg

oleh

PONTIANAK – Pendaftaran calon legislatif (caleg) secara nasional dimulai sejak 4 juli 2018. Sehingga partai politik harus mempersiapkan calon atau kader partai yang akan didaftarkan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak, sesuai mekanisme pendaftaran. Apalagi partai politik punya peran besar dalam menentukan tersedianya caleg yang mumpuni dalam pemilu.

Hal ini dikatakan Ketua KPU Kota Pontianak, Sujadi ditemui wartawan, Jumat (06/07/18).

Menurutnya, pengusulan daftar calon sementara ke daftar calon tetap diberikan waktu hingga 17 Juli 2018 mendatang. Karena KPU merencanakan penetapan daftar calon tetap pada bulan September 2018 mendatang.

Saat ini, ada enam belas partai yang terdaftar di KPU Kota Pontianak. Partai – partai ini akan mendaftarkan bakal calegnya guna memperbutkan empat puluh lima kursi di DPRD Kota Pontianak.

Selain itu, bakal caleg dari masing masing daerah pemilihan diwajibkan ada keterwakilan perempuan minimal 30 persen. Mengingat kuota pemenuhan 30 persen ini merupakan upaya untuk meningkatkan peran perempuan, agar terlibat dalam kanca perpolitikan di Kota Pontianak.

Untuk itu, Ketua KPU Kota Pontianak berharap, pemilihan umum legislatif mendatang diharapkan terpilih caleg yang berintegritas di Kota Pontianak. (uun)