Arus Balik WNI ke Malaysia Belum Terlihat di PLBN Entikong

oleh

SANGGAU – Tiga pekan pasca lebaran, lonjakan arus balik WNI menuju Malaysia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat belum terlihat.

Pantauan wartawan, perlintasan WNI di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Entikong, khususnya di jalur keberangkatan terpantau landai. Jumlah keberangkatan WNI yang sebagian pekerja Indonesia menuju Malaysia berada di angka normal, antara 300 sampai 400 orang perhari.

“Arus balik WNI masih normal, belum ada peningkatan, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Salah satu penyebabnya kemungkinan karena harga tiket pesawat dari daerah asal WNI relatif masih tinggi. Jadi WNI yang mau balik lagi ke Malaysia banyak yang menunggu tiket normal lagi,” kata Kepala Imigrasi Entikong, Herri Prihatin, Jumat (06/07/18).

Herri memperkirakan, peningkatan arus balik WNI ke Malaysia baru terjadi setelah high season berakhir, yakni mulai tanggal 9 Juli. Dikatakan, berbagai langkah untuk mengantisipasi kepadatan perlintasan di TPI Entikong sudah dipersiapkan, diantaranya menyiapkan personil pelayanan keimigrasian.

Disinggung langkah antisipasi pengiriman tenaga kerja nonprosedural yang memanfaatkan situasi padat arus balik WNI ke Malaysia, Herri menyebut, pihaknya bekerja sama dengan P4TKI Entikong menyiapkan berbagai langkah, antara lain, mengarahkan calon tenaga kerja ke PJTKI di Entikong yang siap memproses keberangkatan secara resmi.

“Di Entikong sudah ada tiga PJTKI yang siap memproses calon tenaga kerja secara prosedural. Kami dari Imigrasi akan mengawalnya, sehingga meminimalisir WNI kita yang bekerja nonprosedural ke Malaysia,” terangnya. (indra)