Sekadau Belajar UPT ke Kubu Raya

oleh

KUBU RAYA – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menerima kunjungan studi banding Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Sekadau, Selasa (03/07/18). Kehadiran Bagian Organisasi Setda Sekadau bertujuan mempelajari pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan penyusunan evaluasi jabatan. Kedatangan rombongan dari Sekadau diterima Kabag Organisasi Setda Kubu Raya, Iskandar, di Ruang Rapat Bupati Kubu Raya.

“Kami ingin mencari perbandingan ke Kabupaten Kubu Raya dalam rangka menyelesaikan penyusunan peraturan bupati tentang pembentukan UPT dan penyusunan evaluasi jabatan di Kabupaten sekadau,” ujar Kabag Organisasi Setda Sekadau, Syarif Alwi.

Syarif Alwi mengatakan, pembentukan UPT guna menindaklanjuti ketentuan peraturan dari pemerintah pusat. Ia mengungkapkan di Sekadau belum satu pun UPT yang terbentuk. Menurut Syarif Alwi, Pemkab Sekadau sedang memulai upaya pembentukan UPT, khususnya UPT satuan pendidikan dan UPT metrologi legal.

“Kami mendapat informasi bahwa di Kabupaten Kubu Raya ini untuk UPT terutama UPT satuan pendidikan dan UPT metrologi legal serta evaluasi jabatannya sudah siap. Apalagi UPT metrologi legal di Kubu Raya kabarnya yang terbaik,” kata Syarif Alwi.

Terkait penyusunan dokumen evaluasi jabatan, Syarif Alwi menuturkan pihaknya tengah menyusun hal itu. Penyusunan evjab guna menentukan kelas jabatan aparatur sipil negara yang kelak akan berkaitan dengan sistem penggajian.

“Kami mendengar bahwa Kabupaten Kubu Raya sudah menyusun evjab dan bahkan sudah diverifikasi oleh Kementerian PAN-RB. Untuk itu kami juga ingin tahu bagaimana teknisnya. Mungkin ada hal-hal yang bisa menjadi masukan bagi Sekadau,” tutur Syarif Alwi.

Kabag Organisasi Setda Kubu Raya, Iskandar, menyambut baik studi banding Pemkab Sekadau di Kubu Raya. Menurut dia pertemuan dengan Bagian Organisasi Pemkab Sekadau adalah sarana berdiskusi antardua daerah.

“Selamat datang di Kubu Raya. Kami sangat senang sehingga kita bisa berdiskusi tentang pengalaman masing-masing daerah. Kami bisa membagi pengalaman dan berharap juga mendapat informasi tentang bagaimana kita melaksanaan tugas di bidang organisasi,” ucap Iskandar. (adi)