Panwaslu Sanggau Perintahkan Pengawas Patroli 24 Jam

oleh

SANGGAU – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sanggau terus mengawasi pelaksanaan Pilkada, khususnya di masa tenang. Untuk itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Sanggau Inosensius memerintahkan kepada seluruh Panwaslu hingga ditingkat Desa untuk melakukan patroli 24 jam terhitung tanggal 24-26 Juni 2018.

“Seluruh pengawas berpatroli mulai hari ini sampai 26 Juni,” kata Inosensius, Minggu (24/06/18).

Kepada seluruh tim sukses, simpatisan dilarang berkampanye dan melakukan politik uang, karena menurutnya hal tersebut sangat rentan terjadi.

“Jaga kondusifitas masa tenang hingga pencoblosan nanti agar tetap aman dan damai,” pesannya. Dan jika menemukan dugaan pelanggaran di masa tenang hingga pencoblosan nanti, Ino sapaan akrabnya meminta masyarakat melapor ke Panwaslu setempat.

“Segera lapor, jangan melakukan hal-hal yang melanggar hukum,” katanya.

Ino meminta masyarakat berperan aktif menjaga dan mengawasi Pemilukada yang aman, jujur dan adil, sebab tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat akan sangat sulit Panwaslu melakukan pengawasan mengingat jumlah petugas yang terbatas.

“Partisipasi masyarakat ini sering kita sosialisasikan. Peran masyarakat sangat penting untuk menciptakan Pemilukada yang aman dan tertib dalam rangka mewujudkan Pemilukada yang jurdil,” tuturnya. (indra)