Korsel Harapkan ASEAN Wujudkan Perdamaian di Semenanjung Korea

oleh
Korsel dalam pertemuan ke-22 ASEAN-Korsel yang berlangsung di Seoul berharap negara ASEAN, membantu proses perdamaian di Semenanjung Korea. Foto/Kemlu RI

SEOUL – Pemerintah Korea selatan (Korsel) berharap negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia, membantu proses perdamaian di Semenanjung Korea. Hal itu disampaikan Korsel dalam pertemuan ke-22 ASEAN-Korsel yang berlangsung di Seoul.

Dalam pertemuan itu, seperti mengutip keterangan dari laman resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Minggu (24/06/18), Korsel memberikan informasi atas perkembangan di Semenanjung Korea.

Pertemuan Inter-Korea yang dilaksanakan April dan Mei 2018, serta pertemuan Amerika Serikat (AS) – Korea utara (Korut) pada Juni 2018 menghasilkan komitmen tertinggi untuk perdamaian dan denuklirisasi Semenanjung Korea. Komitmen seperti ini belum pernah didapat sebelumnya.

“Untuk itu, Korsel meminta ASEAN memberikan waktu agar proses damai dapat terus berjalan, termasuk dengan memberi kesempatan Korut untuk menyelesaikan tantangan politik dalam negeri,” bunyi keterangan Kemlu RI.

Korsel juga berharap ASEAN dapat terus memainkan peran penting dalam proses perdamaian di Semenanjung Korea, salah satunya dengan tetap memberi sambutan positif atas perkembangan proses damai dan jika saatnya tiba, ASEAN dapat memberikan sumbangsih dalam proses transisi di Korut, mengingat kapasitas ASEAN dalam perdamaian dan transformasi politik yang damai. (**)