Jurnalis Matic Cup Race Dibalut Dengan Lomba Foto

oleh

SINGKAWANG – Penyelenggara Jurnalis Cup Matic Race 2018 tak ingin momen penting perhelatan akbar tersebut tak terekam oleh publik. Maka dari itu penyelanggara menghadirkan lomba foto untuk setiap pengunjung di Sirkuit Taman Pasir Panjang Singkawang.

“Kami ingin pengunjung juga berpartisipasi dalam even perdana kami. Pengunjung tidak hanya sebagai penonton, tapi bisa menjadi peserta lomba,” kata Ocsya Ade CP, Sekretaris Penyelenggara Jurnalis Cup Matic Race 2018.

Menurut jurnalis Harian Rakyat Kalbar (Jawa Pos Grup) ini, lomba foto ‘on the spot’ tersebut sebagai bentuk kepedulian para jurnalis dalam hal seni. “Karena ini tak hanya seperti motret olahraga biasa. Kami berharap peserta bisa menghasilkan karya terbaiknya dengan memadukan olahraga dan budaya serta wisata,” jelasnya.

Penyelenggara, kata Ocsya, berupaya berlaku adil dan profesional dalam hal penilaian karya. Sebagai dewan juri, penyelenggara menggandeng Pawarta Foto Indonesia (PFI) dari Medan, HS Poetra.

“Terima kasih kepada penyelenggara yang sudah undang saya jauh-jauh untuk menjadi penilai karya teman-teman pecinta fotografi,” tuturnya.

Fotografer senior ini berharap, para pecinta fotografi atau pengunjung dapat antusias mengikuti lomba ini. Jangan melihat besar kecil hadiahnya, tapi menghasilkan suatu karya, itu menjadi hal utama.

“Karena, bagi saya, semua orang harus menjadi saksi sejarah. Nah, dengan motret, maka kita sudah menjadi sebagian saksi sejarah. Maka, jadilah saksi sejarah dengan mengikuti lomba foto ini,” harapnya.

Poetra yang kerap menjadi juri lomba foto ini juga membuat peraturan dalam lomba foto yang dimulai sejak Sabtu hingga Minggu/ 23 dan 24 Juni ini.

“Perserta lomba foto harus menggunakan kamera DSLR, Mirror Lens dan Kamera Poket. Objek foto terbatas hanya pada area sirkuit,” tuturnya.

Karya-karya terbaik peserta harus dikumpulkan ke penyelenggara dengan batas waktu Minggu, 24 Juni 2018, pukul 15.00 WIB. Setiap pemenang, akan mendapatkan uang pembinaan jutaan rupiah dan piagam yang ditandatangani Wakil Wali Kota Singkawang, Drs H Irwan Msi dan Ketua Penyelenggara Jurnalis Cup, Rossi Yulizar.

“Setiap peserta maksimal menyerahkan 3 foto. Dan, keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. Bertanding lah dengan sehat,” tutupnya. (*)