Dari Tiga Pilar, TNI/ Polri Ingin Balikan Prediksi Daerah Rawan

oleh

SANGGAU – Pemerintah Daerah bersama TNI/Polri terus menggalakan Pilkada yang aman dan damai di Kabupaten Sanggau. Beragam kegiatanpun digelar, mulai dari Apel Kebhinekaan yang digelar di GOR Pancasila pada awal 2018 hingga apel Tiga Pilar yang digelar Jumat (22/06/18) di gedung DPRD Kabupaten Sanggau.

Kepada wartawan usai apel tiga pilar, Kapolres Sanggau, AKBP Rachmat Kurniawan menyampaikan, hal tersebut sebagai upaya untuk membalikkan prediksi bahwa Pilkada di Kalbar secara umum termasuk kategori rawan.

“Mudah-mudahan kita dapat membalikkan indikator-indikator kerawanan yang sudah disampaikan beberapa lembaga-lembaga penelitian, bahwa Kalimantan Barat pada  umumnya merupakan daerah yang rawan ranking ke-2. Kabupaten Sanggau merupakan salah satu kabupaten di Kalbar ini, kami bersama TNI seluruh jajaran, dapat membalikkan keadaan bahwa Sanggau khususnya dan Kalimantan Barat ini merupakan daerah yang aman. Pilkadanya dapat berjalan dengan lancar tanpa satu kejadian-kejadian yang memerlukan energi tambahan untuk mengatasinya,” beber Kapolres.

Ia yakin masyarakat Kabupaten Sanggau dan Kalbar pada umumnya adalah masyarakat yang sangat mencintai kedamaian.

“Saya percaya dan yakin, apa yang kita perbuat dengan niatan baik, pasti masyarakat akan mendukung dan Tuhan akan memberkati langkah-langkah kita,” pungkasnya.

Selain itu, untuk mendukung pengamanan, lanjut Kapolres, akan ada penambahan personel, baik dari Polri maupun TNI.

“Kita mendapat BKO dari TNI 200 personel, juga ada anggota dari satuan atas sekitar 100 orang, sehingga kita bisa mengupayakan di titik-titik yang akan kita tempatkan,” bebernya.

Tak kurang dari 400 orang hadir pada apel Tiga Pilar tersebut terdiri dari para Camat, Kades, Babinsa, Babinkamtibas, Danrami dan Kapolsek se-Kabupaten Sanggau. Di apel tersebut, mereka juga melakukan ikrar atau deklarasi tentang kesanggupan mereka untuk memastikan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Sanggau ini secara aman, lancar dan nyaman.

“Berikutnya mereka berikrar untuk senantiasa menjaga netralitas, para aparatur negara baik TNI Polri maupun aparatur pemerintah sampai dengan tingkat desa. Mereka juga sudah berjanji kepada Forkompimda untuk sanggup memberikan jaminan bahwa pergeseran logistik sampai dengan pencoblosan dan penghitungan suara di TPS, sampai dengan pergeseran logistik ke KPU, sampai proses Pilkada ini selesai, mereka akan memberikan semua yang ada untuk melancarkan proses Pilkada ini,” beber Kapolres.

Senada diharapkan Pjs Bupati Sanggau, Moses Tabah, yang hadir pada acara tersebut. Ia meminta secara khusus kepada para Camat dan Kades untuk bekerja keras menyukseskan Pilkada 2018.

“Tolong jaga keamanan, ketertiban, netralitas. Ajak masyarakat jangan sampai Golput. Karena itu akan menentukan demokrasi di Kabupaten Sanggau. Kita memilih pemerintahan yang betul-betul sesuai dengan hati nurani rakyat,” katanya ditemui usai apel Tiga Pilar. (indra)