Strategi Karolin-Gidot Tingkatkan Ekonomi Masyarakat di Kalbar

oleh

PONTIANAK РCalon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat nomor urut dua, Karolin Margret Natasa dan Suryadman Gidot menyebutkan salah satu upaya dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat adalah melalui peningkatan investasi.

“Dari tadi kita bicara tentang tema debat hati ini Politik, Hukum dan kepemerintahan yang baik dan ujungnya adalah ekonomi kesejahteraan masyarakat. Kami melihat bahwa salah satunya adalah meningkatkan investasi,” tutur Karolin saat

Karolin memaparkan Kabupaten Landak dari tahun ke tahun merupakan wilayah ramah investasi bagi para pengusaha. Hal tersebut

dijadikan contoh dalam upaya meningkatkan investasi bagi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

“Mungkin kali ini Kota Pontianak yang harus belajar dari Kabupaten yang lain. Karena investasi pada tahun 2017, Kabupaten Landak berada diperingkat ke dua, diawal tahun 2018, Landak ada diperingkat pertama. Ini salah satu cara kita meningkatkan ekonomi masyarakat dan Kota Pontianak ada dimana,tidak kelihatan saudara-saudara sekalian,” katanya.

Adapun strategi yang akan diterapkan pasangan yang diusung penuh oleh PDI Perjuangan, Demokrat dan PKPI dalam meingkatkan perekonomian masyarakat Kalimantan Barat adalah dengan memberikan jaminan secara politik, hukum dan keamanan bagi masyarakat Kalimantan Barat, kemudian membuka keterisolasian di daerah untuk mengurangi biaya ekonomi yang tinggi, membangun perbatasan.

“Ekonomi yang tinggi juga karena lalu lintas tol laut yang selama ini digemakan oleh pemerintah pusat belum dapat kita singkronkan. Oleh karena itu kita akan membangun pelabuhan-pelabuhan dalam rangka meningkatkan perekonomian, mengurangi biaya ekonomi agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat kita,” ujar Karolin.

Selain itu, lanjut Karolin, pihaknya akan menggandeng ekonomi kerakyatan untuk meningkatkan sektor ekonomi rill sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Kalimantan Barat. (**)