Wawako Singkawang Apresiasi Jurnalis Cup Matic Race 2018

oleh

SINGKAWANG – Jurnalis Cup Matic Race 2018 putaran satu dan halal bihalal para bikers siap digelar di Sirkuit Taman Pasir Panjang Singkawang pada 23 dan 24 Juni mendatang.

Panitia penyelenggara menyatakan, persiapan pagelaran akbar ini sudah mencapai 90 persen. Hal ini tercapai berkat dukungan pemerintah setempat, aparat keamanan, stakeholder dan sponsorship.

“Kami dari Pemkot Singkawang pada intinya mengapresiasi dan mendukung acara yang diinisiasi kawan-kawan jurnalis ini,” ujar Drs H Irwan MSi, Wakil Walikota Singkawang kepada wartawan, kemarin.

Menurut Bang Irwan sapaannya, even perdana dari jurnalis ini sepatutnya didukung oleh pihak mana pun. Karena, kata dia, banyak kegiatan yang mengandung nilai-nilai positif.

“Saya lihat, even teman-teman jurnalis ini, selain di bidang olahraga juga ada bidang kebudayaan dan pariwisata. Lalu dipadukan menjadi satu. Makanya ini patut kita dukung,” ujarnya.

Bang Irwan berharap, tidak ada pihak yang mempersulit atau menghalangi kegiatan ini. “Kita harus bangga dengan kepedulian teman-teman wartawan dalam hal tiga bidang ini. Jadi, jangan coba-coba ada yang menghalangi,” tegasnya.

Untuk diketahui, even ini tak hanya menyoal balap motor. Penyelenggara juga menyediakan slot untuk menampilkan kebudayaan khas Kalbar. Yakni menyuguhkan tarian tiga budaya, yakni dari suku Cina, Dayak dan Melayu (Cidayu) pada opening ceremony. Hal ini dianggap sangat jarang ditemui pada kesempatan balap motor. Apalagi di Kalbar.

Selain menampilkan tarian multietnik, penyelenggara juga membuat konsep yang beda pada umbrella girl. Nantinya, gadis-gadis cantik itu akan mengenakan pakaian adat dari multietnik saat memanyungi pembalap di garis start. Tidak seperti pada umumnya.

Even ini juga tidak hanya melibatkan pencinta otomotif atau balap saja. Pengunjung juga bisa ikut andil dalam kejuaraan ini. Karena penyelenggara menyediakan perlombaan di bidang fotografi.

Dalam even yang menggandeng sport organizer ‘Aura Sportainment’ ini, penyelenggara juga menyelipkan moment untuk mempererat tali silaturahmi antarsesama bikers/riders dari berbagai komunitas motor di Kalbar.

Bahkan dimungkinkan bikers dari Sarawak, Malaysia juga hadir. Ini dikemas menjadi Bikers Day. Jadi selama kegiatan ini, para bikers/riders bisa bersilaturahmi sekaligus halal bihalal.

Agar semakin semarak, peserta dan pengunjung even ini akan dihibur lentingan musik dan suara khas beberapa artis Kota Pontianak. Seperti Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) Kembang Pete’ dan Ipunk (Wahaha Band) serta band-band lokal. (*)