H+3 Lebaran, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak Sosialisasikan Prosedur Keselamatan Transportasi Air

oleh
Tim SAR Pontianak saat mensosialisasikan prosedur keselamatan penumpang. Foto : Istimewa

KUBU RAYA – Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak melakukan sosialisasi prosedur keselamatan dalam menumpang kapal speedboat.

Memasuki H+3 pelaksanaan siaga lebaran 2018 ini transportasi sungai dan Laut turut menjadi fokus utama Tim Patroli Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak.

Sudah barang tentu memasuki penghujung liburan saat ini arus balik lebaran sudah memasuki titik puncaknya tidak jarang masyarakat yang hendak kembali ketempat masing-masing seusai melaksanakan lebaran di kampung halaman memadati tempat-tempat penghubung seperti  pelabuhan.

Banyak dari mereka yang mengabaikan prosedur keselamatan demi mendapatkan tempat dalam speedboat atau kapal yang akan membawa mereka menuju kediaman masing-masing.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak, Hery Marantika, SH, M.Si menuturkan, mengingat pentingnya keselamatan masyarakat, maka perlu dilakukan sosialisasi prosedur dalam menumpang transportasi sungai dan laut.

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan Kami menilai perlu dilakukan sosialisasi kepada penumpang dan pemilik kapal tentang prosedur keselamatan menggunakan transportasi sungai dan laut,” ucapnya.

Selain itu, tim patroli dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak, juga akan mengecek kelengkapan alat keselamatan dan memastikan kapal yang akan berangkat tidak kelebihan penumpang.

Ia menambahkan, hal serupa juga akan dilakukan di pelabuhan-pelabuhan rakyat yang terdapat di Kalimantan Barat dan akan terus dilakukan hingga pekaksanaan H+8 Idul Fitri mendatang. (**)