Berkunjung ke Pasar Tengah, Oso Ingat Memori Masa Lampau

oleh
Ketua DPD, OSO bersama calon Wali Kota Pontianak nomor 1, Harry Adryanto. Foto : Arif

PONTIANAK – Ketua DPD RI Oesman Sapta atau yang akrab disapa OSO, mengunjungi Pasar Tengah yang berada di Jalan Kapten Marsan, Kelurahan Darat Sekip, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (12/06/18) sore.

Berkunjung ke pasar yang merupakan salah satu heritage di Kota Pontianak ini, mengingatkan OSO dengan masa kecilnya. Pasar Tengah menjadi tempat yang tak terpisahkan dalam sebagian cerita hidupnya selama ini.

“Saya senang sekali. Karena waktu saya kecil mainnya di pasar ini. Dulu di sini pusat perdagangan, sekarang ini masih juga menjadi pusat perdagangan rakyat,” ujarnya saat ditemui awak media di Pasar Tengah.

Banyak cerita yang masih OSO ingat antara keberadaan pasar yang terletak tidak jauh dari bantaran Sungai Kapuas ini dengan perjalanan hidupnya.

Bahkan di masa mudanya, OSO pernah berjualan, menjadi tukang cengkau jam tangan. Kurang lebih dua tahun ia geluti aktivitas mencari rejeki itu.

“Banyak memori di sini. Memorinya ya, dulu saya waktu masih jadi tukang catut jam tangan, jualnya di sini, jam tangan Seiko waktu masih di pelabuhan dulu,” ungkap OSO.

Tiap harinya, Pasar Tengah ramai dikunjungi warga Pontianak, bahkan masyarakat dari kabupaten/kota lainnya. Keberadaannya yang dekat dengan sungai dan tidak jauh dari Pelabuhan Senghie, menjadikan pasar ini salah satu pusat aktivitas perekonomian berbagai lapisan masyarakat.

OSO yang merupakan Ketua Umum DPP Partai Hanura ini berharap, Pasar Tengah sebagai pasar tradisional di Kota Pontianak bisa terjaga keberadaannya. Selain menjaga bagian dari sejarah kota ini, dengan keberadaannya pula, kegiatan perekonomian masyarakat tetap terus hidup.

“Saya melihat pasar ini pasar yang ramai sekali (dikunjungi) oleh rakyat. Dan belum tentu rakyat itu mau masuk ke mal. Jadi ada dia yang memang suka dengan pasar tradisional,” pungkasnya. (dody)