Drainase Sumbat, Jalan Gang Abadi Sekadau Tergenang Air

oleh

SEKADAU – Jalan masuk Gang Abadi, Desa Munguk, Kecamatan Sekadau Hilir, sampai sekarang masih tergenang air. Genangan air jalan masuk tentu menyulitkan warga yang berlalulalang. Sebab, air yang mengenang di situ bisa satu minggu lebih baru surut.

Di duga genangan air tersebut di akibatkan oleh sumbatnya jalur drainase dan penyebab lain adalah karna bangunan rumah toko (Ruko)  disekitar itu sewaktu menbangun tidak menperhatikan kelancaran aliran air seperti drainase.

Mungkin waktu mendirikan Ruko tidak melalui proses yang baik seperti IMB dan syarat lain. Sehinga tidak ada celah karna jalur pembuangan sudah tersumbat beton bangunan. Jadi, sulit untuk mengalirkan air ke sungai, karna jalurnya tersumbat oleh bangunan ruko.

“Kondisi ini sangat menganggu aktifitas warga yang tinggal di wilayah itu, apalagi kalau hujan deras. Genangan air bisa mencapai pinggang orang dewasa, sudah begiru surutnya lama, bisa dua sapai tiga hari, bahkan bisa sampai seminggu,” kata Hendi, warga gang Abadi, ditemui Minggu (10/06/18).

Hendi meminta agar pemerintah daerah bisa mencari jalan, bagaimana membuka jalur drainase disitu sehingga air bisa mengalir dengan lancar.

“Kasian warga yang tingal di situ kalau hujan deras, apalagi anak-anak sekolah. Agar air bisa mengalir dengan lancer, paling tidak dinding beton ruko di sekitar harus di jebol untuk mencari jalur air mengalir,” saran Hendi.  (sutarjo)