Demi Anak, Karolin Tunda Studi Lanjut

oleh

PONTIANAK – Karolin Margret Natasa (36), pernah menemukan suatu pilihan hidup, ketika harus memutuskan apakah akan melanjutkan kuliah untuk jenjang strata dua, atau fokus pada anak terlebih dahulu. Dua pilihan yang sempat menggelayuti pikirannya, di masa-masa awal kesibukannya sebagai politisi muda yang mulai berkiprah di Senayan.

Di satu sisi, usia yang masih cukup muda memberikan kesempatan studi lanjut, karena pemikiran masih sangat segar. Meskipun, kesibukan sebagai anggota DPR RI kala itu juga menyita waktu.

“Saya prioritaskan anak terlebih dahulu. Soal kuliah lagi, bisa nanti-nati. Saya mau fokus pada anak, melahirkan dan membesarkan mereka,” ucap Karolin dengan wajah berbinar setiap berbicara tentang si buah hati.

Calon Gubernur Kalimantan Barat periode 2018-2023 yang berlatar belakang seorang dokter ini sangat memahami keterbatasan fisik seorang perempuan jika dikaitkan dengan factor usia. Oleh karena itu, melahirkan dan membesarkan anak lebih diprioritaskan, selagi usia masih muda. Tubuh masih lebih fleksibel dan mudah menjalani pemulihan.

“Setelah anak-anak cukup besar, barulah nanti saya memikirkan untuk studi lanjut. Ya tentunya harus tangkas membagi waktu untuk berbagai kesibukan, di dunia politik maupun di dalam keluarga, saya tidak bisa tinggalkan itu,” tutur ibu dua anak ini.

Pendidikan Strata Satu di jurusan Kedokteran Umum, diraihnya dari Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta. Jika waktunya sudah memungkinkan, Karolin berencana melanjutkan studi master bidang kesehatan.

“Saya mengalami betul, ilmu dan logika berpikir kedokteran sangat valid untuk memahami fenomena social. Ini tentu sangat berguna dalam menyerap aspirasi masyarakat,” ujar Karolin. (*)