Arahkan Kreativitas Anak, Karolin Ingin Para Ibu Rajin Mendongeng

oleh

PONTIANAK – Tak hanya mengarahkan orang lain berbuat suatu kebaikan, Karolin Margret Natasa (36) memberi contoh nyata dalam keluarganya sendiri. Dia ingin agar semakin banyak kaum perempuan memberi perhatian ekstra untuk perkembangan anak-anaknya.

Satu di antaranya dengan rajin mendongeng untuk anak. Tak hanya menyuruh orang, Calon Gubernur Kalimantan Barat periode 2018-2023 ini melakukan sendiri. Di sela kesibukannya, dia berusaha untuk membacakan buku cerita untuk sang buah hatinya sebelum tidur.

“Saya berpandangan, tradisi mendongeng sebaiknya kembali dihidupkan dalam kelaurga. Dengan mendongeng, imajinasi positif anak-anak bisa terus dipupuk. Apalagi mendongeng itu sifatnya menghibur sekaligus mengedukasi,” kata Karolin, Kamis (07/06/18).

Nilai-nilai kehidupan banyak yang bisa diselipkan melalui dongeng. Misalnya soal kesehatan, tambah Karolin, perilaku hidup sehat seperti selalu mencuci tangan sebelum makan, atau membuang sampah pada tempatnya, menjadi nilai-nilai sederhana yang bisa disertakan.

Pada Oktober 2017 lalu, di hari ulang tahun Kabupaten Landak, Bupati pertama perempuan di kabupaten ini mengundang pakar pendidikan anak, Seto Mulyadi—populer dengan nama Kak Seto—untuk hadir di Landak.

Di hadapan ratusan anak dan ibu, Kak Seto berbagi pengalaman tentang bagaimana cara mendongeng agar sang anak tertarik.

Pendekatan dongeng menjadi penting, karena umumnya anak lebih mudah menangkap suatu cerita, mengingatnya, dan mempraktikkan hal-hal baik yang mereka petik dari setiap cerita. (*)