Jadi Penunjang Ekonomi Rakyat, Karolin Canangkan Produk Kreatif

oleh
Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, dr. Karolin Margret Natasa

PONTIANAK – Karolin Margret Natasa calon Gubernur Kalbar nomor urut dua, adalah satu-satunya perempuan yang ikut bersaing dalam Pilkada Kalbar 2018.  Selain tangguh dan mumpuni dari segi kepemimpjnan serta jejaring politik, Karolin ternyata memiliki komitmen yangnkuat dan jelas, utnuk mengembangkan industri rumah tangga, sehingga bisa menjadi sumber perekonomian bagi keluarga di daerah ini.

Komitmen tersebut ditunjukkan Karolin, dengan mengunjungi pusat kerajinan dan ekonomi kreatif saat dirinya berkampanye di berbagai daerah. Selain berbelanja, Karrolin juga turun langsung untuk mencoba apa yang dikerjakan oleh tangan-tangan kreatif, sehingga menghasilkan produk bernilai jual.

“Berbagai produk kerajinan yang ada di Kalbar sejauh ini sudah sangat baik, tinggal bagaimana kita mengemasnya menjadi lebih baik dan membantu akses permodalan serta penjualan. Ini akan menjadi perhatian utama kita untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dan pengembangan usaha,” kata Karolin di Pontianak, Selasa (05/06/18).

Karolin sebagai cagub yang lebih dulu blusukan di daerah pedalaman Kalbar, memahami betul apa yang dilakukan oleh para pengrajin, misalnya saja mereka yang menbuat anyaman rotan atau bambu yang merupakan upaya pengembangan warisan tradisi dan budaya serta meningkatkan ekonomi keluarga.

“Saya berharap, para orang tua yang mengerti tentang kerajinan anyaman, untuk selalu mengajarkan kerajinan tersebut kepada anak-anak.Terutama anak perempuan, karena selain untuk pelestarian budaya juga diharapkan kedepan dapat sebagai upaya membantu meningkatkan pendapatan keluarga,” tuturnya.

Karolin yakin, jika pemerintah bisa lebih fokus memberikan pembinaan kepada para pengrajin yang ada di setiap daerah di Kalbar. Sehingga ke depan, produk kerajinan Kalbar bisa memiliki pasar Ekspor.

“Kita memiliki kondisi geografis yang sangat mendukung untuk itu, dimana selain alam kita yang kaya akan bahan baku untuk industri kerajinan, juga kita sangat dekat dengan Malaysia, sehingga itu bisa menjadi pasar utama kita,” tandasnya.

Selain itu, Karolin yang berpasangan dengan cawagubnya Suryatman Gidot optimis mampu mendorong kerajinan lokal yang merupakan bagian dari industri kreatif, agar mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat Kalbar. (*)