Bacakan Buku Cerita, Ini Perhatian Karolin Terhadap Anaknya

oleh

PONTIANAK – Satu diantara perhatian seorang ibu terhadap anaknya, membacakan cerita dari sebuah buku cerita untuk sang buah hati menjelang tidur malam. Tak terkecuali bagi Karolin Margret Natasa.

Meski padatnya kesibukan seolah tak memberi kesempatan memperhatikan anak, selalu ada cara ibu dua anak ini untuk selalu dekat dengan generasi penerusnya itu.

“Cerita kesukaan anak saya seperti cerita fable, hewan yang bisa berbicara seperti sang kancil dan sebagainya,” kata Calon Gubernur Kalimantan Barat Nomor Urut dua, Karolin, Rabu (06/06/18).

Menurutnya, membacakan cerita untuk sang anak harus cukup gencar, ketika anaknya belum bisa membaca. Cara itu sebagai motivasi agar kemampuan membaca cepat melekat pada diri sang buah hatinya.

“Nah, sekarang meskipun anak saya sudah bisa membaca sendiri, sesekali saya tetap membacakan buku cerita untuk dia, karena dia menyukai cara ini,” tambah Karolin.

Mau tahu, buku berbahasa apa yang kerap dibacakan Karolin untuk anak pertamanya? Ternyata, buku yang ditulis dalam bahasa Inggris. Sebab, sang anak memang memulai pendidikan usia dininya di sekolah bilingual di Jakarta.

“Tentu, tanpa maksud melupakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional kita,” ujarnya.

Setiap berkesempatan mengunjungi toko buku, rak bagian buku cerita untuk anak selalu menjadi perhatiannya. Dari sana, beberapa judul buku yang dirasa cocok, akan dia beli untuk menambah koleksi bacaan.

Bagi Karolin, selain nilai-nilai pendidikan yang bisa didapat dari sekolah, keluarga, serta pergaulan di masyarakat, buku cerita turut memberikan sumbangsih penting. Ada banyak pelajaran berharga yang bisa dipetik dari buku cerita, seperti patuh pada orangtua dan menghargai teman-teman. (*)