Polsek Bonti Santuni Anak Yatim

oleh

SANGGAU – Sedekah kepada anak yatim merupakan hal yang sangat mulia, sebagaimana telah banyak diperintahkan dan dianjurkan dalam Al-Qur’an dan hadist Rasulullah SAW.

Sebiji benih yang tumbuh menerbitkan tujuh tangkai dan kemudian tiap-tiap tangkai itu mengandungi seratus biji. Itu adalah perumpamaan untuk membelanjakan harta dijalan Allah. Salah satu contohnya adalah sedekah untuk mendekatkan diri kepada Allah.SWT.

Kapolsek Bonti, Ipda Rahmad Kartono usai memberikan santunan kepada anak yatim menyampaikan, sedekah kepada anak-anak yatim harus dengan tulus Ikhlas karena anak yatim termasuk dalam golongan yang memerlukan dan dalam Al-Qur’an telah dikatakan:

“Katakanlah, “Apa saja harta benda yang kamu infakkan, maka berikanlah kepada ibu bapak, kaum kerabat dan anak-anak yatim.” (QS : Al Baqarah, 2:215).

Radmad juga mengatakan bahwa kita berkewajiban memperbaiki nasib anak-anak yatim terlebih saat bulan Ramadhan sebagai mana firman Allah SWT: “Dan mereka bertanya kepadamu mengenai anak-anak yatim.

Katakanlah, “Memperbaiki keadaan anak-anak yatim itu amat baik bagimu.” (QS : Al Baqarah 2 : 220)

“Kita mengaku sebagai orang yang beriman, orang yang paling hebat, paling kuat, dan paling dahsyat namun tidak mau bersedekah dan dimata Allah SWT tetap NOL BESAR, namun orang yang beriman adalah orang yang bersedekah dan tetap mampu menguasai dirinya, sehingga sedekah yang dilakukannya bersih, tulus, dan ikhlas tanpa ada unsur pamer ataupun keinginan untuk diketahui orang lain,” pesan Kapolsek.

Hamba yang hebat, menurut Rahmad adalah ketika saat ia mau melakukan sedekah kepada anak yatim dengan hati ikhlas.

“Mari kita salurkan infaq, zakat dan sedekah kepada orang yang berhak tanpa mengharapkan balasan dari orang yang menerima,” ujar Rahmad. (indra)