Panwaslu Sanggau Awasi Peliputan Surat Suara

oleh

SANGGAU – Proses pelipatan dan penyortiran surat suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubermur Kalbar di Pilkada serentak tahun 2018 yang saat ini sedang berlangsung di gudang KPU Sanggau, mendapat pengawasan ketat dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat.

“Terkait pelipatan surat suara yang saat ini sudah berada di gudang KPU Sanggau, Panwaslu Kabupaten Sanggau melakukan pengawasan melekat dan dilengkapi dengan alat kerja,” Kata Ketua Panwaslu Sanggau Inosensius, Senin (04/06/18).

Dia mengatakan, sebanyak dua anggota Panwaslu Kabupaten Sanggau ditempatkan di lokasi penyortiran dan pelipatan surat suara sejak Minggu (03/06/18) kemarin hingga selesai. Dikatakannya, penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pilkada serentak Gubernur Kalbar di Kabupaten Sanggau ditargetkan selesai hari ini.

Menurutnya, pengawasan melekat oleh anggota Panwaslu itu untuk menghindari kecurangan dan kekeliruan pada waktu proses penyortiran, pelipatan dan pengepakan surat suara.

“Hasil pengawasan ini nanti akan kami laporkan ke Bawaslu Kalimantan Barat terkait jumlah surat suara yang rusak dan yang harus dikembalikan untuk diganti berdasarkan hasil pelipatan itu,” terangnya.

“Hasil laporan kami itu akan rekomendasikan ke KPU Kalimantan Barat untuk segera dilakukan penggantian surat suara. Yang pasti pengawasan tetap kami lakukan, kami pantau terus surat suara ini sampai saat pendistribusian ke setia TPS,” tambahnya.

Terpisah, Ketua KPU Sanggau Sekundus Ritih menyampaikan pihaknya pada hari ini masih melakukan pemyortiran surat suara. Namun, pada hari ini juga penyortiran ditargetkan selesai.

“Iya, target kita selesai hari ini,” tegasnya.

Namun disinggung berapa kondisi surat suara yang rusak dan lain – lain, Ia belum bisa memberikan data.

“Kan belum selesai dihitung, hari ini target kita selesai. Nanti kita sampaikan kalau sudah kita dapati datanya,” tutur Sekundus. (indra)