PHBI Sanggau Gelar Peringatan Nuzulul Quran

oleh

SANGGAU – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sanggau pada Sabtu (02/06/18) pukul 20.00 Wib menggelar peringatan Nuzulul Quran yang dipusatkan di Masjid Baitul Muttaqin Dusun Bangun Rejo Desa Suka Mulya Kecamatan Parindu. Peringatan turunnya Al -Quran yang bertepatan dengan malam ke – 17 ramadhan itu menanggandeng Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sanggau.

Hadir dalam acara tersebut, Pjs Bupati Sanggau yang diwakili Asisten III Setda Sanggau, H. Joni Irwanto, Ketua PHBI Sanggau Hadi Sudibjo beserta jajaran,  Ketua MUI Sanggau sekaligus penceramah H. Mustaffa, Kapolsek Parindu, IPTU. Sapja, Danramil Parindu, Kapten inf Hadi Kusworo Camat Parindu Paulus Usrin dan ratusan pelajar dan masyarakat Desa Suka Mulya Kecamatan Parindu.

Kepala MAN Sanggau, Drs. Ismatullah menyampaikan bahwa safari dakwah yang digelar MAN ini sudah yang ke-10 kalinya setiap bulan ramadhan sejak MAN masih berstatus swasta. Dan pada tahun ini Ia mengaku sangat bersyukur karena bisa menggandeng PHBI Kabupaten Sanggau dalam memperingati Nuzulul Quran.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sanggau M. Taufik dalam sambutannya menyampaikan, peringatan nuzulul quran ini adalah bagian dari syiar islam sekaligus menyampaikan sejarah turunnya Al -Quran. Atasnama Kemenag menyampaikan ucapan terimaksih atas terselenggaranya kegiatan ini karena cukup antusiasmya warga mengikuti kegiatan ini.

Pada kesempatan itu, M. Taufik membeberkan tiga program akemenag. Pertama, ngopi yaitu Ngobrol tentang pendidikan islam. Kedua Saffa, adalah sarapan bersama dengan seluruh penyuluh agama yang ada.
“Disitu ada Islam, Kristen, Hindu, Budha, Konghuchu. Ketiga, santri, adalah pesan untuk mahasiswa dan pelajar tentang banyak hal diantaranya pesan tentang kerukunan.

Pjs Bupati Sanggau yang diwakili Asisten III Setda Sanggau H. Joni Irwanto dalam sambutannya meminta umat muslim menjadikan Al -Quran sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Al -Quran adalah kunci sukses hidup di dunia dan kunci sukses mencapai kehidupan akhirat. Oleh karenanya, Ia sangat mengapresiasi peringatan Nuzulul Quran yang digagas oleh PHBI Sanggau ini.

Melalui kegiatan ini, Ia berharap generasi muda kita khususnya, lebih mengenal Al Quran sehingga timbul rasa cintanya terhadap Al -Quran yang kemudian akan melahirkan generasi – generasi yang beriman dan bertaqwa.

“Cinta untuk membacanya dan cinta untuk mengamalkannya,’” kata dia.

Usai acara, PHBI Kabupaten Sanggau menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Baitul Muttaqin berupa tiga unit kipas angin yang diserahkan langsung Ketua PHBI Sanggau Hadi Sudibjo kepada Ketua Pengurus Masjid Baitul Muttaqin Syafarudin.

“Awalnya kami mau bantu pakai uang. Tapi setelah di pikir – pikir kalau pakai uang kan mungkin dak kelihatan, nah kalau dalam bentuk barang seperti ini kan bisa langsung dipakai untuk kepentingan jamaah memakmurkan masjid,” kata Hadi.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan dimantaatkan sebaik – baiknya oleh pemgurus Masjid untuk kepentingan bersama,” pungkasnya. (indra)