Pembekalan Bimtek di Pontura, Saksi Relawan Siap Amankan Suara Harry-Yandi

oleh
Pembekalan relawan saksi pemenangan paslon Harry-Yandi di Pontianak Utara. Foto : Arief

PONTIANAK – Badan saksi relawan pemenangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pontianak nomor 1, Harry-Yandi menggelar pembekalan bimbingan teknis (Bimtek) saksi di Bukit Mas Resto, Jalan Gusti Situt Mahmud, Pontianak Utara, Minggu (03/06/18).

Acara Bimtek itu diikuti ratusan saksi relawan dan puluhan koordinator saksi yang akan ditempatkan di 4 Kelurahan, Kecamatan Pontianak Utara.

Nurman A. Mukmin, Ketua Badan Saksi Relawan pemenangan Harry-Yandi menuturkan untuk Kecamatan Pontianak Utara, ada 253 orang relawan saksi, ditambah dengan 10 orang koordinator saksi Kelurahan dan unsur koordinator saksi Kecamatan.

“Ratusan saksi ini pun, akan disebar di 253 TPS  Kecamatan Pontianak Utara, yang terdiri dari 4 Kelurahan, yakni Siantan Hulu 84 TPS, Siantan Hilir 55 TPS, Siantan Tengah 67 TPS dan Batu Layang 45 TPS,” ucapnya.

Ia menambahkan, tujuan dari kegiatan pembekalan ini, adalah agar saksi-saksi bisa mengamankan suara paslon Harry-Yandi di TPS.

“Mereka dibekalkan, agar mereka tahu, apa tugas-tugas seorang saksi di TPS, yang utama adalah untuk mengamankan suara, dan menjaga kualitas Pilkada Pontianak ini,” ucapnya.

Sementara itu, Tri Budiarto, Ketua tim relawan pemenangan paslon Harry-Yandi menuturkan, ada 4 hal yang  disampaikan dalam pembekalan ini,  yang pertama adalah peran penting dari relawan saksi.

“Disini kami  memberikan pembekalan, tentang peran penting dari relawan saksi ini dalam Pilwako Pontianak 2018,” ucapnya.

Kedua, lanjutnya, menyampaikan tugas pokok dan tanggung jawab saksi, dan ketiga terkait dengan fungsi relawan saksi sebagai unsur pengganda suara.

“Diharapkan saksi ini, dapat mengetahui tugas dan fungsi mereka sebagai pendulang maupun pengganda suara,” ucapnya.

Keempat, bagaimana cara mengamankan suara Harry-Yandi agar tidak dikurangi dalam proses penghitungan suara.

Sedangkan, calon Wali Kota Pontianak nomor 1,  Harry menyambut baik animo masyarakat dan ratusan saksi relawannya, untuk memenangkan paslon Harry-Yandi di Pontianak Utara, dan Ia menilai hal itu, sangat luar biasa.

“Semangat mereka sangat menggugah hati, bukan saja sebagai saksi, tapi sebagai tim pemenangan. Saya yakin mereka akan merebut hati masyarakat untuk mengamankan suara Harry-Yandi,” ucapnya.

Ia pun mengimbau, agar ratusan saksi ini bekerja secara jujur, profesional dan peka terhadap lingkungan disekitar TPS.

“Jadi jangan sampai ada kecurangan untuk mendapatkan suara bagi paslon Harry-Yandi, karena Kami ingin agar Pilwako Pontianak ini dapat berjalan bersih,” ucapnya. (Dody)