Saatnya Kalimantan Barat Miliki Gubernur Cantik (2)

oleh
Cagub Kalbar nomor 2, Karolin. Foto : Istimewa

PONTIANAK – Jika Anda berkesempatan mengunjungi lobby Kantor Gubernur Kalimantan Barat, foto orang-orang “tampan” yang pernah memimpin provinsi ini tertata berjejer menurut tahun menjabat. Tak satu pun dari mereka yang ‘’cantik’’, karena memang belum pernah ada gubernur dari kalangan perempuan.

Munculnya Karolin Margret Natasa dalam bursa pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, memberi harapan lahirnya pemimpin baru dari kalangan perempuan. Seorang muda multi talenta, seorang dokter, pekerja sosial, politikus, dan orang lapangan yang sudah berkeliling seantero Kalimantan Barat selama Sembilan tahun masa jabatannya sebagai anggota DPR RI.

“Saya terjun ke politik dan rela melepaskan pekerjaan sebagai dokter bukan karena desakan ayah saya yang juga politisi, tapi karena saya terpanggil untuk mengabdikan diri untuk masyarakat. Banyak hal yang bisa saya perbuat dan buktikan kepada masyarakat, khususnya di Kalimantan Barat, tanah kelahiran saya,” ujar Karolin.

Jadi, sejak Provinsi Kalimantan Barat dibentuk pada 1957, sudah 10 orang yang menjabat sebagai gubernur. Cornelis, sang ayah, merupakan gubernur buah reformasi, hasil pemilihan langsung pertama.

Inilah daftar nama mereka yang pernah menjadi gubernur di provinsi ini:

1. Adji Pangeran Afloes

Tokoh ini menjadi Pj Gubernur pertama dengan masa tugas 1957-1958, hanya satu tahun. Dia menggantikan Farel Pasaribu pada 1953-1957 yang menjabat Kepala Keresidenan Kalimantan Barat.

2. Djenal Asikin Joedadibrata

Tokoh ini menjabat periode 1958-1959 sebagai Pj Gubernur yang kedua, juga hanya satu tahun masa tuga.

3. YC Oevang Oeray

Ini merupakah tokoh Dayak pertama yang menjadi gubernur di Kalimantan Barat, bernama lengkap Johanes Chrisostomus Oevang Oeray. Masa kepemimpinannya sejak 1960 hingga1066. Oevang Oeray adalah pendiri Partai Persatuan Dayak yang pernah mengikuti Pemilu pertama di Indonesia pada 1955 dan 1958.

4. Soemadi (Bc HK)

Tokoh ini merupakan seorang tentara, yang menjadi Gubernur ke-4 dengan masa tugas 1967-1972.

5. Kadarusno

Gubernur ini menjabat dari tahun 1972-1977. Tokoh kelahiran Sulawesi Tengah ini sebelumnya adalah Sekretaris Jenderal Mendagri dan tokoh militer Indonesia.

6. H Soejiman

Soejiman adalah seorang Purnawirawan Mayor Jenderal TNI AD, menggantikan Kadarusno dan memimpin Kalimantan Barat selama 10 tahun.

7. H Parjoko S

Bernama lengkap Pardjoko Surjokusumo, tokoh ini memimpin Kalimantan Barat rentang 1988-1993. Sebelum menjabat sebagai Gubernur Kalbar ketujuh, dia adalah Pangdam Tanjungpura Kalimantan Barat, juga pernah menjadi Kasdam Mulawarman di Kalimantan Selatan.

8. H Aspar Aswin

Gubernur ke delapan bernama lengkap Aspar Aswin memimpin dalam rentang 1993-2003, kelahiran Samarinda Kalimantan Timur.

9. Usman Ja’far

Menjabat pada periode 2003-2008, pria kelahiran Sekadau, Kalimantan Barat ini sebelumnya berkiprah di Senayan dan seorang pengusaha.

10. Cornelis

Cornelis, ayah Karolin, menjadi tokoh Dayak kedua yang berhasil meraih tampuk kepemimpinan di provinsi ini. Dia menjabat dua periode, 2013-2018. Sebelumnya, Cornelis menjadi Bupati Landak, kabupaten yang kini dipimpin putri pertamanya, Karolin