Narapidana Rutan Muara Teweh Akan Terima Remisi Lebaran

oleh

MUARA TEWEH – Menjelang hari raya Idul Fitri tahun 1439 Hijriyah, ratusan narapidana penghuni rumah tahanan  klas II Muara Teweh akan diusulkan mendapat remisi lebaran.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II Muara Teweh, Sarwito, Rabu (30/05/18) mengatakan, jumlah penghuni lembaga pemasyarakatan sekarang sebanyak 306 orang. Dari jumlah tersebut diantaranya, 67 orang tahanan dan 239 adalah Narapidana.

Untuk pemberian remisi kata Sarwito, yang telah diusulkan diantaranya tidak dalam masa hukuman disiplin, karena bila sedang menjalani hukuman disiplin, tentu tidak bisa diberikan remisi, begitu juga dengan hukuman seumur hidup dan hukuman mati.

Sarwito menambahkan, untuk usulan remisi lebaran bagi narapidana sudah sesuai ketentuan. Dan sedang menjalani hukuman selama enam bulan. Kemudian usulan ini juga khusus bagi narapidana yang beragama Islam.

Sementara agama lain tentu saja ada hari besar lainnya. Dan semua penghuni lembaga pemasyarakatan yang sedang menjalani hukuman, mempunyai hak mendapat remisi, beda dengan hukuman disiplin karena pelanggaran tidak diberikan haknya.

“Untuk remisi memang ada katagori yang bisa diberikan remisi dan tentu saja berkelakuan baik,” kata Sarwito.

Dia menambahkan, untuk saat ini jumlah narapidana penghuni lembaga pemasyarakatan Muara Teweh,  kelebihan kapasitas. Namun, untuk pembinaan terus dilakukan, agar mereka mendapat haknya sebagai narapidana. (bani)