Karolin-Gidot Komitmen Buka Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru

oleh
Calon Gubernur Kalbar nomor 2, Karolin. Foto : Istimewa

SINTANG  – Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut dua, dr. Karolin Margret Natasa mengatakan, dirinya bersama calon Wakil Gubernur Kalbar, Suryadman Gidot akan mendorong terciptanya pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di seluruh wilayah kabupaten/kota.

“Adapun rencana pusat kegiatan ekonomi yang akan kita dorong antara lain, sektor ekonomi maritim, ekonomi kreatif, serta pariwisata khususnya destinasi wisata baru. Selain itu perhatian pun diberikan bagi pengembangan ekonomi umat serta kawasan perbatasan dan 3T (terdepan, terluar dan tertinggal),” kata Karolin di Sintang, Rabu (30/05/18).

Karolin menjelaskan, saat ini kita sudah memasuki peradaban keempat dengan sebutan era kreatif yang menempatkan kreativitas dan inovasi sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi.

“Ini merupakan salah satu visi dan misi yang kami buat saat menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar nanti. Salah satu cara yang bisa kita tawarkan untuk menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru adalah dengan meningkatkan jumlah wirausaha di setiap daerah,” jelasnya.

Dengan mendorong pertumbuhan ekonomi, lanjutnya, wirausaha mempengaruhi seluruh perekonomian, khususnya pengaruhnya pada pasar tenaga kerja.

“Demi mempercepat pembangunan dan kesejahteraan, pada pemerintahan Jokowi-JK terus mendorong munculnya berbagai pusat pertumbuhan ekonomi baru secara merata, mengurangi biaya transportasi dan meningkatkan produktivitas. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan mendorong pembangunan infrastruktur diberbagai wilayah, memastikan ketersediaan energi, serta menyiapkan sejumlah kawasan industri,” lanjutnya.

Terkait hal tersebut, kata Karolin, visi dan misi yang dibuatnya juga sudah selaras dengan apa yang diprogramkan oleh pemerintah pusat, sehingga dirinya yakin, ke depan, program yang dijalankan oleh pemprov Kalbar dimasa kepemimpinanya, bisa lebih cepat berjalan dengan bantuan pemerintah pusat.

Dengan menumbuhkan pusat pertumbuhan ekonomi baru, kata Karolin, hal itu juga dapat meningkatkan efisiensi dan daya saing produk-produk barang dan jasa. Dengan cara itu, masyarakat sekitar dapat ikut menikmati sekaligus berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi produktif tersebut. (**)