Polsek Entikong Ungkap 3 Kg Sabu Dari Malaysia Melalui Jalur Tikus

oleh

SANGGAU – Jajaran Polsek Entikong menangkap Pelaku Tindak Pidana Narkotika jenis Sabu, Jumat (25/05/18) sekira pukul 19.30 Wib di Desa Entikong, Kecamatan Entikong. Kabupaten Sanggau. Mereka yang diamankan masing – masing berinisial SA (24) warga Karangan Baru, Desa Bereng Berkawat, Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau, dan MN als S (Pembawa masuk Narkotika jenis Sabu dari Malaysia ke Indonesia), (37) warga Desa Kelakangan, Kecamatan Galang, Kabupaten Toli Toli Provinsi Sulteng.

Pengungkap kasus ini berawal dari anggota Polsek Entikong mendapatkan informasi dari masyarakat, bahwa ada seseorang yang membawa barang mencurigakan berupa 1 buah kardus mi instan yang diduga berisikan Narkotika jenis Sabu, masuk ke dalam salah satu rumah warga dari hutan di Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

“Atas informasi yang diterima, selanjutnya anggota Polsek Entikong melakukan penyelidikan ke rumah tersebut dan melakukan pengintaian dari jarak jauh,” ungkap Kapolres Sanggau, AKBP Rachmat Kurniawan didampingi Dandim 1204/Sgu Letkol Inf. Herry Purwanto, Kapolsek Entikong Kompol Amin Siddiq beserta para Kasat dan Kapolsek se Kabupaten Sanggau saat menggelar press release di Mapolres Sangggau, Selasa (29/05/18) sore.

Selang waktu kurang lebih 20 menit, anggota melihat seseorang yang mencurigakan dengan menggunakan sepeda motor Yamaha nopol KB 3195 UQ keluar dari rumah tersebut. Kemudian dilakukan pengejaran oleh anggota Polsek Entikong sampai ke Dusun Semeng, Desa Semanget, Kecamatan Entikong.

“Anggota kemudian menghentikan sepeda motor tersebut. Setelah itu, dilakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan yang terdapat dalam kardus mi instan tersebut dan dari hasil pemeriksaan di dalam kardus ditemukan barang-barang berupa rokok merk Parkway serta 3 kantong warna kuning yang berisikan Narkotika Jenis Sabu kurang lebih 3 Kg,” beber Kapolres.

Selanjutnya barang bukti dan pelaku dibawa ke Mapolsek Entikong untuk dilakukan pengembangan. Setelah dilakukan pemeriksaan awal terhadap pelaku, diperoleh informasi bahwa narkotika jenis Sabu didapatkannya dari seseorang di Desa  Entikong atasnama MN alias S.

“Atas keterangan dari Pelaku, selanjutnya anggota Polsek Entikong melakukan penangkapan terhadap MN lias S dan ditemukan uang senilai RM200,” tuturnya.

Dari keterangan MN alias S, Ia hanya menerima upah sebesar RM200 untuk mengeluarkan barang tersebut. Selanjutnya tersangka MN alias S berikut barang bukti uang sebesar RM200 dibawa ke Mapolsek Entikong untuk melakukan pengembangan lebih lanjut.

Barang bukti yang diamankan dari tersangka SA yakni 3 Guanying Wang warna emas berisikan batu keristal putih yang diduga Narkotika Jenis Sabu kurang lebih 3 Kg, 1 buah dompet warna coklat merk levis yang berisikan uang tunai senilai RM 1.750 dan uang senilai Rp 414.000, Handphone Merk Oppo warna hitam dan 1 hanphone Nokia warna Putih, 1 unit Motor Yamaha dengan KB 3195 UQ. Nosin G3EGE-0283563. Noka MH3UG0710HK200183, dan 3 Slop rokok Merk Parkway dan 24 bungkus rokok merek Parkway.

Dari tersangka MN alias S, petugas menyita uang tunai RM200, 1 unit handphone nokia warna merah hitam dan 1 unit handphone Sunberry warna Ros Glof dan 1 buah buku pasport.

Polisi juga menargetkan akan menangkap pelaku lainnya berinisial “paman”, warga Malaysia yang diduga kuat pemilik barang.

“Kita akan kerjasama dengan interpol untuk memburu si Paman ini,” tegasnya.

Pelaku, lanjut Kapolres diancam dengan UU nomor 35 pasal 111 dan 112 dengan ancaman hukuman mati. (indra)