Karolin-Gidot Siap Kerahkan Jaringan Politiknya Penuhi Kebutuhan Dasar Rakyat Kalbar

oleh
Karolin saat menggelar kampanye dialogis di Kayong Utara. Foto : Istimewa

KAYONG UTARA  – Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2, dr. Karolin Margret Natasa mengatakan, perlu komitmen yang kuat dari pemerintah daerah untuk memenuhi pengadaan air bersih yang menjadi permasalahan masyarakat Kecamatan Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara.

“Saat menggelar kampanye dialogis di Kecamatan Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara kemarin, masyarakat disana mengeluhkan sulitnya mendapatkan air bersih. Jelas ini membutuhkan komitmen kuat dari pemerintah untuk menyiapkan kebutuhan dasar masyarakat,” kata Karolin di Kayong Utara, Selasa (29/05/18).

Menurutnya, penyediaan sarana air bersih di tingkat kabupaten memang menjadi kewenangan dari pemerintah kabupaten/kota. Namun, jika dipercayakan masyarakat Kalbar untuk menjadi pemimpin di provinsi itu, dirinya akan mensinergikan antara program pemerintah pusat, provinsi dan daerah, untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat tersebut.

Terlebih, katanya, sebagai calon Gubernur yang diusung oleh sejumlah partai yang memiliki banyak kursi di kabupaten/kota dan provinsi, dirinya tinggal meminta kepada setiap anggota DPRD untuk mengakomodir kebutuhan masyarakatnya.

“Jalur pasti bisa kita gunakan untuk membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat yang bukan menjadi kewenangan Gubernur. Ini enaknya, punya pemimpin yang berasal dari partai yang memiliki banyak kursi di DPRD, karena kita tinggal koordinasi saja,” jelasnya.

Untuk mengatasi kebutuhan air bersih masyarakat di Kayong Utara dan daerah lainnya, menurut Karolin perlu melibatkan tenaga ahli (insinyur) untuk mendesign teknologi tepat guna dari sumber air menuju ke kemukiman warga.

“Ini tentu lebih efektif dan efisien, ketimbang harus menunggu masuknya jaringan PDAM di daerah terpencil. Ini perlu dilakukan karena ketersediaan infrastruktur dasar (sumber air bersih) sudah menjadi program utama saya dan pak Gidot,” katanya.

Ditempat yang sama, Tokoh Pemuda Kecamatan Teluk Batang, Ridwan menyampaikan permintaan masyarakat kepada Karolin-Gidot, agar bisa membantu pengadaan air bersih di tempat mereka, ketika terpilih menjadi Gubernur mendatang.

“Kami selaku pemuda Teluk Batang, siap untuk memenangkan Karolin-Gidot, karena kami yakin, pasangan ini yang paling mampu memimpin Kalbar dan meneruskan apa yang sudah dilakukan oleh pak Cornelis,” katanya.

Untuk itu, dirinya berharap, ketika Karolin-Gidot terpilih, pasangan ini bisa memenuhi harapan masyarakat akan ketersediaan air bersih di sana.

“Seperti yang diketahui, mata pencaharian penduduk disini, selain bertani, nelayan dan pedagang. Untuk kondisi infrastruktur cukup baik, hanya warga saat ini mengalami kesulitan air bersih, dimana hal ini selalu diidam-idamkan masyarakat,” pungkasnya. (**)