Ratusan TKI Bermasalah Dideportasi dari Malaysia Melalui PLBN Entikong

oleh

SANGGAU – Untuk kesekian kalinya, Pemerintah Malaysia mendeportasi TKI bermasalah ke tanah air. Kali ini, mereka yang dideportasi sebanyak 118 orang melalui PLBN Terpadu Entikong. Demikian disampaikan Waka Polsek Entikong, IPTU. Eeng Suwenda kepada wartawan, Minggu (27/05/18) siang.

Kronologis pemulangan TKI bermasalah, dijelaskan Eeng yakni pada hari Minggu (27/05/18) pukul 09.40 Wib, di PLBN Terpadu Entikong Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau, telah tiba rombongan deportasi TKI bermasalah sebanyak 114 orang dari Depot Imigresen Malaysia Bekenu Miri dan 4 orang dari KJRI Kuching yang diangkut dengan mengunakan 3 Bis dengan Nopol QAN 2896, QAN 1869 dan QMW 1610, dikawal/diantar langsung oleh pihak Imigresen Bekenu Miri Malaysia dan KJRI Kuching dengan menggunakan 2 unit kendaraan jenis Van Nopol WTJ 2058 dan 29-504-CC.

Setibanya di PLBN terpadu Entikong dilakukan pemeriksaan oleh Petugas Imigrasi Entikong dan Karantina Kesehatan Entikong.  Selanjutnya dilakukan pendataan oleh Petugas P4TKI Entikong dan Polsek Entikong di Kantor ULKI Entikong.

TKI bermasalah yang di deportasi melalui PLBN Terpadu Entikong sebanyak 118 orang terdiri dari 68 orang dan 50 orang. Mereka berasal dari berbagai Provinsi yaitu Kalbar 25 orang, Jatim 7 orang,. Jabar  9 orang, Sulsel 45 orang, NTT 3 orang, NTB 7 orang, DKI Jakarta 2 orang. Lampung 2 orang, Sulbar 5 orang, Riau 2 orang, Jateng 5 orang, Bengkulu 2 orang, Sumut 3 orang dan Kaltim 1 orang.

Dari hasil screning ditemukan beberapa permasalahan yang dialami TKI bermasalah sehingga harus dipulangkan, diantara pekerjaan tidak sesuai, gaji tidak sesuai, tidak memegang paspor dan tidak punya Visa/ Permit kerja.

“Setelah dilakukan proses screning, sekira jam 13.28 Wib 118 orang TKI bermasalah kemudian di berangkatkan menuju kantor Depsos Pontianak Kalbar untuk dipulangkan ke daerah asalnya dengan terlebih dahulu menandatangi surat pernyataan tidak kembali ke Malaysia tanpa dokumen lengkap. (indra)