PGD di Sekadau Siap Digelar

oleh

SEKADAU – Pekan Gawai Dayak (PGD) ke IX tahun 2018 Kabupaten Sekadau siap dihelat. Rencananya acara gawai se-Kabupaten Sekadau ini akan dihelat dari tanggal 16 sampai 21 Juli 2018 di Betang Youth Centre.

Pelaksana PGD ini berdasarkaan Surat Keputusan Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sekadau Nomor 12/DAD/IV/2018 tanggal 21 Mei 2018 tentang pembentukan panitia pengarah dan panitia pelaksana Gawai Dayak IX di Kabupaten Sekadau.

“PGD ke IX mengambil tema “Melaui Gawai Dayak IX Kabupaten Sekadau tahun 2018 kita lestarikan nilai-nilai kearifan budaya lokal masyarakat adat dayak dalam keragaman,” kata Gunawan ketua panitia Gawai Dayak Kabupaten Sekadau Sabtu (26/05/18) di Sekadau.

Lebih lanjut Gunawan menjelaskan bahwa susunan panitia Gawai Dayak Kabupaten Sekadau adalah sebagai berikut, Ketua Gunawan, Wakil ketua I Paulus Sutami, A. Md, Wakil ketua II Brayan, S. Sos, Wakil ketua III Leonardus, S. Sos, Sekretaris Bortolomeus Dalmapindi, SP dan Bendahara CY. Bambang Wirawan Basri, A. Md.

“Beberapa jenis kegiatan dalam acara Dawai Dayak IX Kabupaten Sekadau 2018 antara lain, Upacara pembukaan, pertunjukan seni dan permainan rakyat, seni dan kerajinan tradisional,” terangnya.

Untuk yang ikut berpartisipasi sebagai kontingen peserta Gawai Dayak IX tahun 2018 adalah, utusan DAD Kecamatan se-Kabupaten Sekadau, sanggar seni budaya dayak dan paguyuban sub suku dayak.

“Rencananya PGD kali panitia akan mengundang suku dayak dari negri Jiram yakni Malaysia dan Brunai Darusalam. Mudah-mudahan mereka hadir,” harapnya.

Sementara itu di tempat yang sama Wilbertus Willy, Ketua DAD Sekadau mengatakan, kegiatan PGD adalah kegiatan rutin DAD Sekadau.

“PGD yang kuta laksanakan menungu semua gawai dikampung sudah selesai,baru kemudian PGD kita laksanakan,” katanya.

Gawai Dayak kata, Willy adalah wujud dari khasanah budaya masyarakat Sekadau. Kebiasaan gawai adalah bentu rasa syukur selesai panen ladang. Dari rasa syukur itulah muncul gawai, selesai panen padi

“Saya mengajak agar setiap sub suku yang ada bisa mengirim, perwakilan untuk berpartisipasi meramaikan PGD tahun ini,” ajak Willy.

Terlaksananya Pekan Gawai Dayak IX Kabupaten Sekadau 2018 bekerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Sementara itu Isbianto, Sekretaris DAD kabupaten Sekadau mengajak seluruh masyarakat Sekadau supaya bersama -sama menjaga keamanan pada saat pelaksanaan Gawai Dayak.

“Panitia akan bekerjasma dengan pihak keamanan yakni Polri dan TNI demi terwujudnya rasa ama. San nyaman selama.avara Gawai,” katanya. (sutarjo)