Jualan Dibahu Jalan, Pedagang Musiman di Kota Pontianak Kurang Diperhatikan

oleh
Pedagang musiman yang berjualan dibahu jalan di Kota Pontianak. Foto : Istimewa

PONTIANAK – Ketua DPRD Kota Pontianak Nurfadli menyesalkan pemanfaatan bahu jalan untuk lokasi berjualan. Seperti yang terjadi di Jalan Kom Yos Soedarso, Gusti Hamzah dan ruas jalan lainnya di Kota Pontianak.

Di ruas-ruas jalan tersebut, banyak pedagang musiman yang berjualan, kondisi ini sangat membahayakan, apalagi mulai sore hingga malam hari. Dimana, warga sangat antusias dan ramai-ramai berbelanja di bahu jalan.

Nurfadli menilai, kondisi ini terjadi karena Pemkot Pontianak kurang mampu melakukan pendekatan dengan warga, saat akan melebarkan sejumlah ruas jalan. Alhasil, proyek pelebaran jalan terus dilakukan, sementara ada sejumlah bangunan milik warga yang tidak bisa gusur. Hal ini kemudian menimbulkan masalah, karena dimanfaatkan oleh warga untuk berjualan.

“Saya tahu yang jualan itu pedagang musiman. Cuma, itu sangat berbahaya. Karena yang lewat di jalan itu (Kom Yos Soedarso) adalah kendaraan besar, sedangkan di bahu jalannya ada aktifitas warga. Kita mintalah, Pemkot Pontianak bertindak,” kata Nurfadli di Pontianak, Sabtu (26/05/18).

Menurutnya, Pemkot Pontianak harus segera mencari solusi terbaik dari masalah ini. Jangan sampai terjadi hal yang merugikan, baik bagi pedagang maupun warga yang berbelanja.

“Kita minta pemkot sikapi ini. Kita tidak mau ada kecelakaan atau hal buruk lainnya yang menimpa pedagang dan warga kita kan. Mereka (pedagang musiman) itu harusnya diberi ruang yang cocok untuk berjualan. Sehingga mereka tidak sembarangan jualan, apalagi lokasinya di bahu jalan,” tandas Nurfadli. (**)