5 Klub Sepak Bola dengan Hutang Terbanyak di Dunia

oleh

JAKARTA – Siapa yang tidak suka dengan Sepakbola?, olahraga yang satu ini kini menjelma sebagai salah satu olahraga paling populer di dunia. Tak hanya sebagai olahraga saja, bahkan sepakbola kini menjadi suatu bisnis. Sepakbola dijadikan bisnis karena perputaran uang di dalamnya sangatlah besar.

Berikut ini adalah beberapa klub sepakbola yang memiliki hutang terbanyak.

1. Manchester United

Siapa yang sangka kalau klub raksasa asal Inggris ini merupakan klub dengan hutang terbanyak. Tercatat hutang Manchester United adalah 579 juta dolar.

2. SL Benfica

SL Benfica mempunyai banyak hutang karena terjadi krisis yang pernah melanda beberapa dekade. Klub ini mempunyai hutang sebesar 351 juta dolar.

3. Inter Milan

Meskipun Inter Milan adalah klub yang memiliki banyak sekali prestasi, namun Inter Milan juga mempunyai hutang yang banyak, yakni sebesar 325 juta dolar. Saat ini saham Inter Milan sudah dimiliki pengusaha sukses asal China, namun itu tidak banyak membantu.

4. Valencia

Valencia merupakan salah satu klub papan atas asal Spanyol. Meskipun mampu tampil di kasta tertinggi Liga Spanyol, tapi Valencia juga memiliki banyak hutang, yakni sekitar 303 juta dolar.

5. Barcelona

Barcelona merupakan salah satu klub terbaik dunia. Sudah banyak sekali prestasi yang mampu mereka raih. Namun siapa sangka, Barcelona juga masuk dalam klub yang memiliki banyak hutang. Hutang Barcelona ditaksir sekitar 298 juta dolar.