Tak Disangka, Ternyata Hewan Ini Adalah Kendaraan Dewa Hindu

oleh
Salah satu dewa hindu yang menggunakan garuda sebagai kendaraannya. Foto : Isitmewa

JAKARTA – Di dunia ini ada beberapa jenis hewan yang dapat di tumpangi dan di kendarai manusia, hewan tersebut pasti memiliki tubuh yang cukup besar, seperti kuda, onta, keledai dan lain sebagainya. Tapi di dunia ini ada hewan yang kecil seperti ayam, yang menurut mitosnya dikendarai oleh Dewa.

Dalam ajaran Hindu, para dewa memiliki kendaraannya masing-masing. Kendaraan itu berbentuk hewan yang besar dan memiliki kekuatan, dan kendaraan itu dianggap suci serta dihormati oleh umat hindu. Apa saja itu, simak baik-baik sebagai berikut ini :

1. Ayam

Ayam adalah kendaraan yang digunakan oleh dewi hindu yaitu dewi Bahuchara. Dewi ini di gambarkan memiliki banyak tangan dan menggunakan ayam sebagai kendaraannya, dan tentunya ayam yang di gunakan berukuran besar.

2. Gagak

Dewi Dhumavati merupakan seorang perempuan pelindung kaum yang berputus asa. Dewi ini menggunakan Burung Gagak sebagai Kendaraannya dan juga berukuran besar.

3. Garuda

Garuda merupakan lambang negara Indonesia. Tetapi dalam ajaran hindu, Garuda digambarkan sebagai burung yang sangat besar hingga mampu menutupi matahari dan bersinar keemasan yang sangat terang. Burung ini menjadi tumpangan atau kendaraan dewa Wisnu.

4. Tikus

Siapa sangka hewan kecil ini juga merupakan kendaraan dewa. Tetapi lebih besar dari tikus yang biasa kita jumpai. Dewa yang menggunakannya adalah dewa Pengetahuan yaitu Dewa Ganesha. Dewa ini berwujud seperti gajah.

5. Merak

Yang kali ini adalah hewan yang Sangat cantik, yaitu merak. Hewan ini merupakan kendaraan dari dewa skanda.