Pemkab Barut Rapatkan THR ASN

oleh

MUARA TEWEH – Memasuki awal Juni 2018, Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara akan segera dicairkan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara, H. Jainal Abidin, Jumat (25/05/18) mengatakan, surat pemberitahuan ke pemerintah daerah mengenai adanya THR tahun 2018 belum diterima secara resmi.

Akan tetapi pihaknya sudah mendapat informasi dari pemberitaan mengenai surat dari pemerintah pusat. Tapi masih belum sampai pada sekretariat daerah. Dengan adanya ini, maka pihaknya akan mengadakan rapat bersama guna membahas langkah pembayaran pada bulan Juni ini.

Rapat yang akan dilaksanakan juga membahas akurasi data kepegawaian, baik yang aktif maupun pensiunan. Sebab lanjut Jainal Abidin,  pada tanggal 1Juni 2018 ada beberapa orang ASN yang memasuki masa pensiun.

Dengan memasuki masa pensiun, pada tanggal 1 Juni,  sementara pencairan THR sesudah tanggal itu, akan dihitung apakah pembayaran masa aktip sebagai ASN atau pembayaran pensiun saja.

“Masalah ini akan kita perhitungkan jumlah pegawai dan harus ada kepastian,  mengenai statusnya sebeb badan kepegawaian yang lebih tahu. Karenanya kita akan rapatkan, dan nantinya tidak ada hak pegawai yang dihilangkan,” katanya.

Kemudian yang harus dicermati adalah akurasi jumlah pegawai yang dapat THR,  agar semuanya mendapatkan sesuai dengan porsi masing masing. Apalagi tahun ini jumlah THR lebih besar, bila dibandingkan tahun lalu. Karena komponen jauh lebih besar seperti lauk pauk dan tunjangan keluarga serta tunjangan jabatan struktural.

“Kita usahakan pembayaran sebelum masa cuti bersama. Karena kita juga akan libur panjang,” kata Jainal Abidin. (bani)