Dinkes Kapuas Jemput Bola Berikan Layanan Kesehatan Masyarakat

oleh
Dinkes Kapuas saat melaksanakan kegiatan pelayanan ketuk pintu sehat. Foto : Irs

KUALA KAPUAS – Dinas Kesehatan Kabupaten terus menggalakan program Layanan Ketuk Pintu Sehat di daerah setempat dengan mengunjungi langsung rumah-rumah masyarakat untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Kegiatan ketuk pintu sehat baru-baru ini dilaksanakan tim Dinas Kesehatan Kapuas bersama puskesmas di wilayah Kecamatan Kapuas Tengah Kabupaten Kapuas.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, Apendi, kegiatan ketuk pintu sehat mereka lakukan dengan cara jemput bola langsung mendatangi masyarakat.

“Dengan program ketuk pintu sehat ini kita ingin tenaga kesehatan tidak hanya duduk di ruang pelayanan kesehatan saja, tetapi dia bisa keluar melihat langsung kondisi kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya,” katanya di Kuala Kapuas, Jumat (25/05/18).

Dengan turun langsung petugas kesehatan ke rumah-rumah warga maka apabila ada masalah kesehatan dapat segera diatasi.

“Kebanyakan masalah kesehatan yang dialami masyarakat adalah hipertensi, maag dan penyakit lainnya,” terang Apendi.

“Termasuk juga masalah BPJS, dimana kita temukan masih banyak warga yang belum punya BPJS. Karena itu tahun 2019 nanti kita harapkan semua sudah punya BPJS, karena kita tidak lagi pakai Jamkesda, soalnya kalau Jamkesda hanya untuk di puskesmas saja,” timpal Apendi.

Ditambahkan Kadis Kesehatan Kapuas ini, program ketuk pintu sehat telah dilaksanakan dibeberapa kecamatan seperti Kecamatan Selat, Kapuas Timur, Basarang, Kapuas Murung, Kecamatan Timpah dan Kecamatan Kapuas Tengah. (irs)