Bandara Kertajati Akan Diperbesar Pemerintah

oleh
Presiden Jokowi didampingi sejumlah pejabat usai melakukan pendaratan perdana, di BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Foto : Humas Sekretariat Kabinet

MAJALENGKA – Beberapa saat setelah Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang ditumpanginya melakukan pendaratan perdana di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, bahwa Menteri Perhubungan telah menyampaikan bahwa pada 8 Juni mendatang bandara ini akan melayani penerbangan komersial.

“Menteri Perhubungan telah menyampaikan kepada saya, insyaallah kurang lebih nanti tanggal 8 juga sudah ada penerbangan komersial yang masuk,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan di BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (24/05/18) pagi.

Presiden juga menyampaikan, landas pacu Bandara Kertajati akan dikembangkan dan diperbesar agar pesawat-pesawat berbadan besar bisa mendarat di bandara tersebut.

Bukan hanya Bandara Kertajati, menurut Presiden Jokowi, pembangunan bandara yang lain, terutama yang masuk dalam program strategis nasional akan ia kejar terus.

“Setelah ini akan selesai lagi yang besar juga Bandara Ahmad Yani di Semarang. Selesai, akhir tahun ini. Kemudian yang di Samarinda juga sama, akan bisa selesaikan. Ini semuanya dalam proses konstruksi, proses pembangunan semuanya,” ungkap Presiden.

Begitu juga dengan bandara yang berada di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Presiden juga berharap akhir tahun depan dapat selesai sehingga pada lebaran tahun depan sudah banyak bandara baru yang beroperasi.

“Banyak (yang akan beroperasi). Yang gede-gede banyak, yang sedang-sedang juga banyak, yang kecil-kecil juga banyak,” pungkas Presiden. (Humas Sekretariat Kabinet)