Wakaf Al-Quran, Ladang Beramal Jariyah di Bulan Ramadhan 1439 H

oleh

SANGGAU –  Bulan suci ramadhan menjadi momentum bagi pengurus Masjid Agung Al – Mu’awwanah Sanggau untuk berupaya meningkatkan kualitas keimanan umat. Salah satunya dengan melakukan berbagai amaliyah ramadhan 1439 H.

Yang menarik dari 12 amaliyah yang dirilis Pengurus Masjid Agung tersebut adalah wakaf Al – Quran. Sejak awal ramadhan, pengurus Masjid terbesar di Kabupaten Sanggau itu membuka kesempatan kepada umat muslim untuk mewakafkan Al – Quran.

“Seminggu sebelum ramadhan sudah kita laksanakan. Ini kita fokuskan untuk mengisi amaliyah ramadhan 1439 H,” kata Kepala Urusan Ibadah Pengurus Masjid Agung Al – Mu’awwanah Sanggau, H. M. Ghundar saat ditemui Selasa (22/05/18).

Tujuan dari wakaf Al -Quran tersebut dijelaskan pensiunan Kantor Kementerian Agama Sanggau itu adalah sebagai media umat untuk berwakaf, mencerdaskan umat, memenuhi kekurangn Al – Quran dan ladang beramal jariyah khususnya di bulan suci ramadhan 1439 H.

“Yang namanya wakaf sesuai penjelasan hadist itukan masuk amal jariyah, selama Al – Quran itu dipakai selama itu pula amal jariyahnya mengalir kepada orang yang mewakafkan. Membaca satu huruf Al – Quran saja pahalanya 10 kali lipat, pahala yang membaca juga yang mewakafkan,” terangnya.

Saat ini, kondisi wakaf Al – Quran yang sudah diterima pengurus Masjid sebanyak 62 Al – Quran dan 180 Al – Quran yang masih dalam bentuk uang atau belum di belanjakan. Rencananya, Al – Quran tersebut diperuntukan untuk memenuhi kekurangan Al – Quran Masjid Agung Sanggau dan Masjid/Surau di kampung – kampung yang memang kekurangan.

Disinggung kebutuhan Al – Quran di Masjid/Surau Kabupaten Sanggau, H. Ghundar menyebut sangat kurang. Terutama  Masjid-Surau di pelosok kampung. Idealnya, kata Ghundar, seperti Masjid Agung Sanggau minimal ada 75 Al – Quran.

“Itu di Masjid Agung. Untuk masjid Kecamatan menurut saya minimal 30 Al – Quran. Kalau kita melhat kondisi Al – Quran di Masjid/Surau saat ini banyak yang kurang.layak karena sudah lama. Oleh karenanya melalui gerakan wakaf Al – Quran ini kita akan ganti semuanya dengan yang layak, tapi tidak semua Masjid/Surau yang dapat karena jumlahnya terbatas,” ungkapnya.

Ghundar menyampaikan terimakasih kepada umat yang telah bersedia mewakafkan Al – Qurannya kepada pengurus Masjid Agung Sanggau.

“Antusias umat untuk wakaf Al – Quran ini luar biasa, dalam waktu yang tidak terlalu lama kita telah mengumpulkan wakaf Al – Quran dari jamaah,” pungkasnya. (indra)