Tim SAR Pontianak Lakukan Pencarian ABK Tenggelam di Sungai Kapuas

oleh
Menggunakan Kapal Negara (KN) 417 tim rescue SAR Pontianak melakukan penyisiran di lokasi tenggelamnya ABK KLM Keluarga Makmur Jaya II. Foto : Istimewa

KUBU RAYA – Seorang Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Layar Motor (KLM) Keluarga Makmur Jaya II terjatuh di Sungai Kapuas, Desa Sungai Ambangah, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Selasa (22/05/18) malam.

Korban adalah Herman (36), warga Pangkalan Madura, Jawa Timur.

Berdasarkan keterangan saksi yang merupakan teman korban, sekitar pukul 21.30 WIB melihat korban terpeleset dari buritan kapal. Korban sempat berenang menuju tepian, dan teman korban yang melihat kejadian tersebut langsung menginfokan kepada nahkoda untuk membelokan kapal kearah korban, akan tetapi saat kapal sudah berada di posisinya, korban sudah tidak terlihat lagi.

Sesaat setelah KLM Keluarga Makmur Jaya II bersandar di dermaga, tepat sekitar pukul 23.43 WIB, kejadian tersebut langsung dilaporkan kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak (BASARNAS).

Setelah menerima laporan, dalam rentang waktu 12 menit kemudian, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak segera memberangkatkan satu tim rescue dengan KN ( Kapal Negara ) 417 lengkap dengan peralatan evakuasi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak, Hery Marantika, S.H, M.Si menuturkan, saat ini tim rescue sedang masih melakukan pencarian satu ABK KLM Keluarga Makmur Jaya II yang terjatuh, Selasa (22/05/18) malam.

“Tim rescue bersama unsur yang terlibat, melakukan penyisiran di lokasi terakhir korban terjatuh, dan jika kondisi memungkinkan nantinya, akan dilakukan penyelaman,” ucapnya.

Ia menambahkan, Kasubsi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak, Ishak telah diarahkan, untuk mengawal langsung proses operasi pencarian dan pertolongan tersebut. (**)