Terminal Batu Layang Sepi, Warga dan Pedagang Berharap Karolin-Gidot Bisa Membenahi

oleh
Karolin-Gidot saat bersama warga di Bengkayang. Foto : Istimewa

PONTIANAK – Terminal Batu Layang di Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak yang dulunya selalu ramai menjadi tempat tunggu turunnya penumpang, kini setiap harinya tampak lengang. Terminal kategori B di bawah kewenangan Dishub Kota Pontianak ini, seakan tidak diperhatikan oleh pemerintah setempat sehingga terminal terbengkalai.

Hal inilah yang bakal dibenahi oleh Suryadman Gidot, calon Wakil Gubernur Kalbar nomor urut 2, jika terpilih nantinya.

“Miris dengan kondisi Terminal Batu Layang, rusak, tidak berfungsi dengan baik. Saat saya singgah di Terminal Batu Layang, penduduk setempat yang juga berprofesi pedagang meminta Karolin-Gidot untuk membenahinya,” ungkap Gidot saat singgah di sebuah warung di Terminal Batu Layang, Senin (21/05/18).

Sebagai Bupati Bengkayang yang sedang cuti kampanye, Gidot paham betul kewenangan Pemda di setiap tingkatan. Kewenangan Terminal Batu Layang berada di Pemkot setempat. Oleh karenanya, jika terpilih nantinya, ia akan bekerjasama dengan Pemkot Pontianak untuk menyelesaikan persoalan ini.

“Tentu kita akan bekerjasama dengan Wali Kota Pontianak untuk menatanya kembali, bagaimana bisa bermanfaat bagi semua pihak,” terangnya.

Cawagub yang berpasangan dengan Karolin Margret Natasa ini mengatakan, terminal seharusnya bisa menjadi tempat untuk mengakomodasi kebutuhan warga. Tidak cuma bagi penumpang, sopir ataupun kondektur, tapi juga untuk warga lainnya seperti menjadikan terminal sebagai tempat aktivitas perekonomian.

“Selain aktivitas penumpang dan lalu lalang kendaraan, terminal itu menjadi salah satu tempat kegiatan perekonomian. Nah, kalau terminalnya sudah tidak berfungsi dengan baik, sepi, ya kasihan warga setempat dulunya berjualan di situ lalu tutup. Ini harus kita pikirkan bersama. Terminal Batu Layang harus segera diperbaiki, ditata dengan baik layaknya terminal, bukan lokasi kosong,” pungkasnya. (*)