Anggota DPRD Tuding Drainase di Kota Sanggau Buruk

oleh

SANGGAU – Kerap banjirnya sejumlah fasilitas umum seperti jalan dan gang bahkan rumah – rumah warga di Kota Sanggau mendapat perhatian serius Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Sanggau, Konggo Tjintalong Tjondro.

Dirinya menuding, buruknya drainase di dalam Kota Sanggau menjadi penyebab utama peristiwa banjir tersebut terjadi.

“Kalau pengamatan saya secara umum, sistem drainase dalam perkotaan sangat buruk. Untuk itu diperlukan master plan drainase sehingga ketika terjadi hujan lebat yang berkepanjangan air dapat segera dialirkan ke sungai Kapuas dan tidak terjadi genangan air maupun banjir di pemukiman warga seperti yang terjadi sekarang,” kata Konggo.

Politisi Golkar itu menyebut, di Kelurahan Beringin hampir semua drainase tidak dapat berfungsi secara optimal. Bahkan di beberapa titik tidak ada drainase. Mestinya hal Ini menjadi prioritas utama dalam pembangunan penataan drainase dalam kota sehingga tidak menjadi kumuh.

“Kita minta pemerintah daerah menjadikan ini skala prioritas utama dalam pembangunan ke depan. Terutama di Ampera dan lingkungan Kantu’ serta Beringin,” ujarnya.

Pembangunan drainase juga harus berwawasan ramah lingkungan dan dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama.

“Jadi jangan asal bangun, harus memikirkan apakah drainase yang kita buat itu ramah lingkungan atau tidak, selama inikan kesannya asal – asalan,” pungkasnya. (indra)