Ruas Jalan Tanjung Sanggau Penghubung 5 Kabupaten Amblas dan Nyaris Putus

oleh
Jalan Nasional Poros Tengah KM 259 diruas Jalan Tanjung Sanggau yang amblas. Foto : Istimewa

SANGGAU –  Jalan nasional poros tengah KM 259  yang menghubungkan 5 (lima) Kabupaten, yakni Sanggau, Sekadau, Melawi, Sintang dan Kapuas Hulu di Kalbar nyaris putus, dikarenakan amblas sejak tiga bulan lalu.

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Sanggau dan sekitarnya, Minggu (20/04/18) kemarin menambah dalam lubang dibahu ruas Jalan Tanjung Sanggau, tepatnya di depan PLN Sanggau ini.

Ari, warga Sanggau menuturkan bahwa jalan itu, mulai dibangun oleh pemerintah sejak  3 (tiga) tahun yang lalu, dan merupakan satu-satunya jalur transportasi  darat penghubung ke 5 (lima) Kabupaten di Kalbar yang dapat dilalui oleh kendaraan.

“Jalan yang amblas ini, merupakan satu-satunya jalur akses melalui darat, untuk penghubung kebeberapa Kabupaten,” ucapnya, Senin (21/05/18).

Ia menambahkan, jika tidak segera adanya perbaikan jalan dari pemerintah, dapat melumpuhkan keberlangsungan aktifitas ekonomi masyarakat setempat, karena jalan tentunya tidak dapat digunakan sebagai alur transportasi untuk mengangkut bahan pokok.

“Saya berharap agar pemerintah secepatnya memperbaiki jalan disini, jangan dibiarkan bertambah parah, karena akan mengganggu aktivitas warga,” ujarnya.

Berdasarkan informasi, proyek pembangunan Jalan Nasional Poros Tengah KM 259 itu merupakan bantuan  pinjaman dari  Asian Development Bank (ADB) untuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). (Dody)