Jalan Tergerus, Perlu Adanya Upaya Perbaikan

oleh

SEKADAU – Tergerusnya tanah di bagian oprit jembatan Sekotong, Kecamatan Nanga Taman sempat membuat masyarakat khawatir. Sebab, sewaktu-waktu bisa saja amblas, terlebih saat kendaraan roda empat keatas melintas.

Seperti yang dikatakan Singkim, Kepala Desa Lubuk Tajau, kepada wartawan. Menurut dia, jalan itu hanya satu-satunya sarana transportasi warga di Kecamatan Nanga Taman dan Nanga Mahap.

“Jadi, perlu ada upaya perbaikan secepatnya oleh Pemkab Sekadau, karena kalau sempat roboh, maka transportasi wilayah itu akan lumpuh, apalagi menjelang hari raya Idul Fitri, intesitas lalulintas pasti padat,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sekadau melalui Kabid Bina Marga, H. Heri Handoko Susilo, MT membenarkan telah terjadi penggerusan tanah pada oprit jembatan Sekotong. Namun, ia menjamin hal tersebut disebabkan faktor alam.

“Karena tergerus aliran air sungai, terutama saat debit air sungai naik,” kata Heri Handoko saat ditemui di ruang kerjanya pekan lalu.

Namun demikian kata dia, dalam waktu dekat akan dilakukan upaya perbaikan atas kerusakan tersebut.

Heri menjelaskan, pada tahun anggaran 2018 ini, sudah dialokasikan dana sebesar lebih kurang 6,53 miliar rupiah untuk pekerjaan peningkatan jalan Sekotong-Pantok.

“Nanti dialihkan sedikit kesitu dana jalannya,” terang Heri. (sutarjo)