Dinas Kesehatan Barito Utara Cek Makanan Pedagang

oleh

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, melalui Dinas Kesehatan telah menurunkan tim guna melakukan pengecekan kualitas makanan yang dijual para pedagang selama bulan suci Ramadan di beberapa tempat.

Seperti pasar Ramadhan di water front city dan jalan Sengaji Hilir atau simpang empat. Para penjual makanan diambil sampel untuk dilakukan pemeriksaan.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, H Robansyah, Senin (21/05/18) mengatakan, pengecekan tersebut dengan cara mengambi sampel-sampel makanan yang dijajakan, untuk dilakukan pengujian labratorium BPOM Palangka Raya.

“Pengecekan makanan ini guna memberikan jaminan keamanan pangan selama bulan ramadan, apalagi sampai terjadi keracunan dan sebagainya,” kata Robansyah.

Selain mengambil sampel, Robansyah  juga menghimbau kepada  warga agar dapat menjadi konsumen cerdas yang dapat memilih makanan yang baik dan sehat. Hal ini juga merupakan antisipasi atau mencegah sesuatu yang tidak diinginkan.

Kepada para pedagang baik makanan dan minuman, Ia mengharapkan agar tidak menjual makanan yang mengandung bahan berbahaya dan juga makanan yang sudah tidak layak konsumsi kepada masyarakat.

Sebab bila menjual makanan dan minuman atau sejenis jajanan yang tidal layak, maka ini juga merupakan perbuatan tidak terpuji. Apalagi saat bulan seperti sekarang ini.

“Apabila ditemukan makanan dan minuman yang mengandung bahan-bahan berbahaya, seperti borak dan formalin, maka kami akan melakukan pembinaan,” pungkasnya. (bani)