Banjir Rendam Rumah Warga Mungguk Badang

oleh

SANGGAU – Hujan dengan intensitas tinggi melanda Kota Sanggau pada Minggu (20/05/18) pagi hingga siang hari. Akibatnya, sejumlah lokasi mengalami banjir. Seperti yang terlihat di Gang Mungguk Badang tepatnya RT/RW 21/07 Kelurahan Beringin.

Tidak hanya jalan – jalan, rumah warga juga ikut terendam. Pantauan wartawan di lokasi banjir, sejumlah rumah warga kebanjiran hingga masuk ke dalam rumah. Wargapun terpaksa memindahkan barang – barang mereka ke tempat yang lebih tinggi, terurama barang elektronik agar tidak rusak.

“Banjirnya bukan hanya merendam jalan, tapi masuk ke dalam rumah, ketinggiannya mencapai 30 cm,”  kata Abdul Rahim warga Mungguk Badang kepada wartawan, Minggu (20/05/18).

Kejadian seperti ini dikatakan Rahim, sapaan akrabnya bukan pertama kalinya terjadi. Namun sudah menjadi langganan disaat hujan turun lebih dari dua jam.

“Banjir seperti ini sudah sering terjadi. Kami juga sudah lapor ke instansi terkait tapi belum ada penanganan,”  kata Rahim.

Rahim menginginkan penanganan drainase dilakukan secara menyeluruh dan terencana yang berorientasi pada lingkungan.

“Yang perlu di perhatikan dari daerah belakang pasar Sentral menuju jalan Djuanda kalau dilihat alurnya ada kemungkinan dampak dari tersumbatnya di gorong – gorong di samping ruko depan rumah sakit sudah perlu di bongkar di ganti bok kalpet,” ujarnya.

“Jembatan dan yang arah samping BRI Cabang Sanggau arah Sei Aur di depan SD 8 karema penimbunan lokasi menutup parit. Hal ini juga menjadi penambah air menggenang di Mungguk Badang. Setahu saya sudah berapa kali d survei namun belum ada tindakan, setiap hujan lebat pasti tempat kami banjir,” pungkasnya. (indra)