Lima Anak di Selalong Terkena DBD, Dinas Terkait Diminta Tanggap

oleh

SEKADAU – Wabah Demam Berdarah atau yang kerap disebut DBD kini sudah mulai merambah desa Selolong. Pasalnya, sudah 5 kasus anak-anak yang menderita DBD, hasil pengecekan terhadap darah anak – anak tersebut, ternyata positif DBD. Untuk itu, kejadian ini perlu segera ditindaklanjuti oleh pihak terkait.

“Saya minta pihak terkait perlu melakukan langkah cepat sebelum ada korban jiwa. Karena sudah ada 5 korban Balita yang terdeteksi, semuanya positif terinveksi DBD,” kata warga Selalong, Kus kepada awak media, Sabtu (19/05/18).

Lebih lanjut Kus meminta, agar pihak terkait tangap dan segera mengatasi wabah ini sebelum ada korban jiwa.

“Kita minta pihak terkait yakni dinas kesehatan untuk segera melakukan foging, sebelum mewabah lebih luas lagi. Ia juga meminta, petugas kesehatan untuk jemput bola melakukan sosialisasi kepada warga yang belum paham dengan gejala DBD. Supaya kalau ada kasus, mereka paham untuk melakukan tindakan, terutama untuk bawa ke Rumah Sakit,” katanya.

Dikomfirmasi Kepala Dinas Kesehatan Sekadau, Emanuel ketika mendengar kabar tersebut, dirinya langsung disposisikan ke bidang kesehatan untuk segera ditindak lanjuti,

Untuk melaksanakan kegiatan kata dia, pihaknya masih menungu selesainya kegiatan foging di tempat yang lain.

“Sebab, tim foging kita sangat terbatas peralatan, bukan hanya itu, dari segi anggaran juga sangat minim,” tuturnya.

Tapi, pihaknya tetap berusaha untuk melakukan foging walau dengan keterbatasan angaran.

“Saya sudah perintahkan kepada kepala bidang yang menanggani masalah Foging. Mereka, masih melakukan foging di tempat lain, kalau sudah selesai mereka langsung foging ke Selalong,” kata Kadis. (sutarjo)