RSUD Kapuas Tambah Tiga Unit Mobil Ambulance

oleh

KUALA KAPUAS – Rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas terus berupaya meningkatkan sarana  prasarana serta fasilitas di rumah sakit tersebut baik melalui dana DAK maupun  bekerjasama dengan pihak terkait.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur RSUD dr Soermarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas, dr Agus Waluyo, mengungkapkan, melalui dana alokasi khusus (DAK) tahun ini sebesar Rp 7,3 miliar pihaknya melakukan peningkatan sarana prasana diantaranya pengadaan mobil ambulace.

“Melalui dana DAK tahun ini kita beli mobil ambulance sebanyak dua unit dan satu unit lagi merupakan bantuan CSR dari Bank BRI. Jadi, jumlahnya ada tiga unit mobil ambulance,” kata di Kuala Kapuas, Jumat (18/05/18).

Selain itu, RSUD Kapuas juga melakukan pengadaan bet atau tempat tidur pasien dewasa maupun anak sebanyak 50 unit. “Dari 142 total kapasitas tempat tidur pasien yang kita miliki saat ini, tahun kemarin sudah kita remajakan sebanyak 30 unit, dan tahun ini 50 unit. Jadi, sisanya akan kita upayakan peremajaannya tahun depan,” ujar dr Agus.

Menurut Agus dilakukannya pengadaan baru tempat tidur pasien tersebut lantaran tempat tidur yang lama kondisinya sudah tidak layak. “ Diganti baru karena tempat tidur yang ada itu usianya sudah tua, untuk tempat tidur anak atau bayi itu rata-rata pengadaannya sejak awal rumah sakit ini berdiri tahun 1993,” ungkapnya.

Adapun pengadaan lainnya yang dibeli tahun ini dari dana DAK diantaranya ronsen gigi, printer ronsen, alat laboratorium, alat ICU, meja operasi plus lampu operasi. “Tahun kemarin kita mengadakan satu meja operasi dan lampu operasi, tahun ini satu unit lagi kita adakan baik meja operasi plus lampunya,” katanya. (irs)