Rapat Penentuan PT AAL Tertutup, Ada Apa Ya?

oleh

SEKADAU – Rapat pemeriksaan dan penelitian tanah atas permohonan HGU oleh PT. Agro Anugerah Lestari (AAL) di Restoran Pondok Indah Sekadau, Kamis (17/5/18) berlangsung tertutup.

Padahal, tidak ada yang rahasia dalam penentuan Hak Guna Usaha (HGU) di suatu perusahaan. Sayangnya, ketika awak media hendak meliput rapat yang dihadiri Bupati Sekadau ini, dilarang oleh oknum karyawan perusahaan. Kuat dugaan, hasil rapat tidak boleh terekpos oleh media.

“Ada hal yang dirahasiakan oleh perusahaan sehinga rapat tersebut tidak bisa dilakukan peliputan oleh wartawan. Padahal peserta rapat terdiri dari Bupati Sekadau Rupinus. Kepala BPN Sekadau dan Sanggau, dan beberapa pihak lain. Ini yang jadi pertanyaan kita. Apa yang dirahasiakan oleh Perusahan kelapa sawit yang beralamat di Seberang Kapuas itu,” kata Stepanus Renta, Ketua Ikatan Wartawan Sekadau (IWAS), Kamis (17/05/18).

Penghadangan peliputan yang dilakukan oleh humas PT. AAL sangat bertentangan dengan UU pers No 40/1999 ayat 3 yang berbunyi, Pers tidak dapat dilarang untuk menyebarkan suatu gambar berita atau informasi.

Sedangkan pada ayat 4 tertulis media tidak dapat dihalangi dalam upaya mencari dan meliput berita.

“Bagi yang melarang akan diancam pidana 2 tahun penjara,” paparnya.

Sementara itu Antonius Sutarjo ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) kabupaten Sekadau menyayangkan kejadian itu, kalau hanya untuk melakukan penelitian tanah untuk HGU perusahaan tidak semestinya melakukan penghadangan pada wartawan yang akan melakukan peliputan.

Karena menurut dia, untuk melakukan penetapan HGU, seharusnya semua masyarakat yang berada di wilayah kerja perusahan harus mengtahui. Paling tidak para tokoh masyarakat harus hadir dan ikut. Nah kata dia lagi, ketika sudah menentukan batas HGU semua masyarakat harus tahu.

“Tapi, kenapa PT. AAL merasa HGU itu sesuatu yang dirahasiakan,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan dari pihak perusahaan maupun Pemkab Sekadau, terkait rapat penentuan HGU. (sutarjo)