Pilkada Serentak di Kalbar Harus Berlangsung Lancar

oleh

PONTIANAK – Dalam pemilihan Kepala Daerah baik tingkat kabupaten kota maupun provinsi, Krisantus Kurniawan, Anggota Komisi I DPRD Kalbar, berharap pelaksanaan nantinya berjalan dengan aman, lancar dan demokratis.

“Kita berharap, pelaksanaan Pilkada 27 Juni nanti berjalan dengan aman, tertib, lancar dan demokrasi,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (15/05/18).

Dengan demokratisnya pemilihan kepala daerah tingkat kabupaten kota dan provinsi ini kata dia, tentunya perlu dukungan dari berbagai pihak.

Untuk itu, kata Krisantus tentu semua unsur, eksekutif, legislatif dan yudikatif memberikan perhatian yang penuh terhadap masalah ini.

Ia mengingatkan, selain itu perlunya pengawasan khusus terhadap jalannya pelaksanaan pemerintahan termasuk pembangunan. Karena, banyak pihak yang akan memanfaatkan situasi seperti ini, dalam pelaksanaan pembangunan.

“Jangan memanfaatkan situasi, kesempatan dalam kesempitan. Supremasi hukum mesti di tegakkan dengan mengedepankan asas praduga tidak bersalah,” paparnya.

Ia menambahkan, dibeberapa daerah ada indikasi pelaksana pembangunan daerah dengan mencatut nama lembaga penegak hukum. Seolah olah, lembaga atau oknum tersebut menjadi backing untuk mendapatkan proyek pembangunan.

Jika indikasi ini benar adanya, tentu kata dia sangat di sayangkan, dan tentu pula mesti di berantas praktek praktek seperti ini sampai keakar akarnya. Karena dampaknya pada kualitas dan kuantitas pembangunan itu sendiri.

“Untuk itu, saya sebagai anggota Komisi I DPRD Provinsi Kalbar mengajak aparat penegak hukum memberikan perhatian dan pengawasan khusus terhadap kabupaten kota yang melaksanakan Pilkada 2018, jangan kita nodai pesta demokrasi tahun 2018,” pungkasnya. (jon)