Pasar Teras BRI Nusantara di Desa Bungai Jaya Diresmikan

oleh

KUALA KAPUAS – Pelaksana harian (Plh) Bupati Kapuas, Rianova meresmikan Pasar Teras BRI Nusantara di Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Senin (14/05/18). Peresmian ditandai dengan penguntingan pita dan penandatanganan prasasti.

Rianova dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada BRI atas dukungan dan partisipasi dalam membantu pembangunan pasar teras BRI nusantara,  gerbang desa dan penyerahan peralatan pembuatan produk nanas di Desa Bungai Jaya.

Pria yang juga menjabat Sekda Kapuas ini menerangkan, prioritas pembangunana desa ada beberapa diantaranya Bumdes dan produk unggulan. Karenanya, ia berharap agar  desa lainnya bisa meniru apa yang dilakukan Desa Bungai Jaya yang sudah berhasil memikat Bank BRI dalam Bumdesnya.

Rianova juga berharap agar setiap desa bisa memanfaatkan program yang sudah di dukung pemerintah dengan baik. “Kami berharap semua desa ketika ada suatu program yang didukung pemerintah dapat digunakan dengan sebaiknya,” ucapnya.

Sementara Kepala Desa Bungai Jaya, Kadiman, menerangkan, untuk pengembangan Bumdes pihaknya sudah melakukan pelatihan dalam pengolahan nanas, yang tentu juga tidak lepas dari bantuan Corporate social responsibility (CSR) Bank BRI. Bahkan untuk Bumdes pengolahan nanas di desanya sudah pernah tampil dan diakui sampai di Malaysia.

“Kami berkeinginan prodak nanas tidak hanya dikenal dari makanan tapi juga bisa memprodak serat daun nanas yang dapat menjadi kerajinan, serta Bumdes ini bisa menghidupkan ekonomi masyarakat dan mengurangi penganguran di desa,” harap Kadiman.

Wakil Pimpinan Wilayah BRI Banjarmasin, Prawoto, didampingi Pimpinan Cabang BRI Kapuas Tri Herjuno Nugrahito, juga mengharapkan apa yang sudah diberikan Bank BRI dapat membantu perekonomian dan mensejahterakan masyarakat. Bahkan Prawoto menyampaikan CSR yang sudah di berikan untuk Desa Bungai Jaya juga bisa dikembangkan untuk desa lain jika ada usaha yang ingin dilakukan. (irs)