Ini 12 Amaliyah Selama Ramadhan di Masjid Agung Al-Mu’awwanah Sanggau

oleh

SANGGAU – Pengurus Masjid Agung Al-Mu’awwanah Sanggau telah melakukan berbagai persiapan menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1439 H. Persiapan yang saat ini sudah dilakukan pengurus Masjid terbesar di Kabupaten Sanggau itu adalah mempersiapkan amaliyah selama ramadhan 1439 H.

“Sudah kita siapkan. Ada 12 amaliyah yang kita sepakati,” kata Ketua Seksi Ibadah Masjid Agung Al-Mu’awwanah Sanggau, H. M. Ghundar, Selasa (15/05/18).

Ke-12 amaliyah tersebut adalah, pertama mengajak jamaah untuk wakaf Al-Quran dengan target 200 eksemplar.

“Al-Quran tersebut akan kita berikan kepada masjid/surau yang membutuhkan atau mengganti Al-Quran yang rusak untuk persiapan tadarus selama.ramadhan,” kata Ghundar menjelaskan.

Kedua adalah buka puasa bersama setiap hari selama ramadhan. Ketiga, menyiapkan petugas shalat isya, taraweh, witir dan imam shalat serta penceramah muda yang akan mengisi materi kuliah tujuh menit (kultum).

Keempat, melaksanakan bimbingan manasik haji setiap hari Ahad selama ramadhan dari pukul 08.30-11.30 Wib. Kelima, melaksanakan kuliah subuh setiap hari Ahad selesai shalat subuh hingga pukul 06.00 Wib.

Keenam, menyelemggarakan taklim (pengajian) selama ramadhan diantaranya kajian tafsir ahkam setiap hari Senin pukul 12.10-12.40 Wib, kajian figh setiap hari Selasa pukul 12.10-12.40 Wib, kajian tarekh islam setiap hari Rabu pukul 12.10-12.40 Wib dan kajian hadust setiap hari Kamis pukul 13.10-12.40 Wib.

Ketujuh, menyelenggarakan musabaqah adzan dan iqomat untuk pelajar dan remaja masjid untuk mencari bibit muazhin yang terbaik yang akan dilaksanakan daru tanggal 09-10 ramadhan 1439 H.

Ke delapan, mengimbau jamaah untuk gemar berinfaq dan bershadaqoh. Kesembilan, melaksanakan pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah, infaq dan shadaqoh yang penerimaannya mulai tanggal 10 ramadhan 1439 H.

Kesepuluh, memfasilitasi jjamaah yang akan melaksanakan i’tikaf pada di akhir ramadhan 1433 H khususnya pada tanggal 21 hingga akhir ramadhan dengan menyiapkan makan sahur untuk jamaah.

Kesebelas, mengajaka jamaah tetap menjaga ketenangan dan kekhusus an selama berubadah dan keduabelas adallah memfasilitasi pengurus dan anggota BKMT untuk melaksanakan shalat duha dan kegiatan lainnya setiap hari Ahad selama ramadhan.

“Mewakili Pengurus Masjid Agung Al-Mu’awwanah Sanggau, saya mengajak umat muslim jamaah Masjid Agung Sanggau untuk beramai – ramai mengikuti amaliyah ramadhan yang sudah kita siapkan. Semoga amaliyah ramadhan yang akan kita laksanakam nanti dapat menambahkan iman dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” ujarnya berharap. (indra)