Warga Parang Kampeng dan Bayas Inginkan Air Bersih

oleh

MUARA TEWEH – Pasangan calon bupati dan wakil Barito Utara, H. Nadalsyah – Sugianto Panala Putra, menggelar pertemuan terbatas bersama warga di Kecamatan Teweh Tengah, tepatnya di Parang Kampeng dan Bayas, Senin (14/05/18).

Parang Kampeng dan Bayas merupakan wilayah dataran tinggi atau perbukitan, dimana mayoritas warganya adalah petani, yang sering mengeluhkan kekurangan air bersih.

Haris Sunandar, Ketua RT 24 Parang Kampeng mengatakan, pembangunan yang sudah dirasakan warga diantaranya rumah ibadah, sekolah, sarana kesehatan dan jalan.

Namun kata dia, untuk sarana air bersih sangat minim, sehingga warga hanya bisa menggunakan sumur di rumah masing masing. Sedangkan jika musim kemarau, air akan sulit didapat lantaran wilayah Parang Kampeng dan sekitarnya merupakan dataran berbukit.

“Untuk sekarang ini kami hanya minta sarana air bersih,  karena warga sangat membutuhkannya. Apalagi pada saat musim kemarau,” katanya.

Sementara Ketua RT 34  Parang Kampeng, Arlinson mengatakan, tuntutan warga sekarang memang sarana air bersih. Sebab listrik dan jalan sudah bagus. Begitu juga dengan fasilitas lainnya.

“Tuntutan kita sama dengan rekan yang lain, yaitu sarana air bersih,” tegasnya.

Sementara itu menjawab pertanyaan warga, H. Koyem sangat memaklumi karena seluruh warga sangat memerlukan air bersih. Untuk itu, Nadalsyah berjanji akan membangun fasilitas air bersih pada tahun mendatang.

Sebab kata H. Koyem,  untuk wilayah Parang Kampeng dan Bayas, penduduknya juga sudah banyak dan sangat wajar menuntut air bersih. Kedepan untuk memenuhi kebutuhan warga, Pemerintah akan membangun IKK. (bani)