Pantau Harga dan Ketersediaan Stok, Pjs Bupati Sanggau Sidak Pasar

oleh

SANGGAU – Guna memantau kenaikan harga sekaligus ketersediaan stok kebutuhan pokok masyarakat, Pemerintah Daerah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional di Kota Sanggau, Senin (14/05/18) pagi.

Sidak dipimpin langsung Pjs Bupati Sanggau, Moses Tabah didampingi Asisten II Setda Sanggau, H. Roni Fauzan, Kadis Perindagkop dan UKM kabupaten Sanggau, Syarif Ibnu Marwan, Kadishangpang Hortikan Sanggau, H. John Hendri, dan petugas Sat Pol PP.

Untuk mengetahui kenaikan harga, selain berdialog dengan para pedagang, tanpa sungkan Pjs Bupati membeli langsung sejumlah kebutuhan pokok untuk kebutuhannya di rumah.

Asisten II Setda Sanggau, H Roni Fauzan menyampaikan bahwa sidak sudah menjadi agenda rutin Pemerintah Daerah setiap tahun, baik menjelang ramadhan, idul fitri maupun natal dan tahun baru.

“Baik beras, daging, ayam dan telur. Kita lihat bagaimana distribusinya dan harganya. Jangan sampai harganya terlalu tinggi. Kita juga didampingi Satgas, kita juga memantau barang-barang yang kadaluwarsa, tidak layak edar dan tidak layak konsumsi. Jagan sampai nantinya dikonsumsi masyarakat barang yang demikian,” ujar ditemui usai sidak.

Berdasarkan hasil sidak tersebut, Roni memastikan stok di Sanggau relatif aman  menjelang ramadhan hingga menjelang idul fitri nanti. Namub, Roni tidak mempungkiri ada kenaikan sejumlah bahan pokok, sayur mayur maupun, daging maupun kebutuhan lainnya.

“Memang ada kenaikan tapi tidak signifikan dan masih dalam batas wajar,” tukasnya.

Untuk itu, ia berharap kepada pedagang, apabila memang ada gejolak harga yang signifikan, maka Disperindagkop akan reguler turun memantau harga.

“Dan yang terpenting adalah ketersediaan. Misalnya harga ayam, dari Rp 45 ribu per kilo menjadi Rp 48 perkilo. Naik Rp 3 ribu, telur masih Rp 1500 per butir. Untuk sapi, setiap hari pemotongan empat ekor, haragnya Rp 140 ribu perkilo. Nanti bisa saja bertambah dan lebih dari empat ekor, tergantung dari kebutuhan,” terangnya.

Sementara itu, Kadis Perindagkop Dan UKM Kabupaten Sanggau, Syarif Ibnu Marwan Alkadrie menyampaikan, untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok, pihaknya akan menyurati pihak-pihak produsen.

“Dalam waktu dekat ini, Pak Pjs Bupati akan menyuratinya. Nanti mereka juga kita minta untuk ikut serta dalam pasar murah, Indomart dan Alfamart sudah kita kontek dan mereka siap untuk turun dalam pasar murah,” terangnya.

Marwan memastikan, pihaknya akan terus menerus melakukan pemantauan kondisi di pasar dari persediaan hingga stok dan harganya dan memastikan barang kebutuhan pokok masyarakat masih terjangkau oleh masyarakat. (indra)