Jaringan Palapa Ring Barat di Singkawang Siap Dioperasionalkan

oleh

PONTIANAK – Proyek infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring merupakan “jalan tol informasi” yang menggunakan jaringan serta optik di 57 kabupaten/kota dan wilayah 3T untuk mendukung penetrasi internet cepat (broadband) yang tersebar di seluruh Indonesia. Proyek Palapa Ring dibagi menjadi 3 (tiga) wilayah pembangunan, yaitu barat, tengah dan timur.

Di bagian Indonesia Barat, Palapa Ring akan dibangun sepanjang 2.275 km menjangkau wilayah Propinsi Riau dan Kepulauan Riau dengan dukungan jaringan kabel serat optik sepanjang 1980 km untuk 5 (lima) kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Natuna, Kabupaten Lingga  dan Kabupaten Kepulauan Anambas. Palapa Ring Barat akan menghubungkan kabupaten/kota di Sumatera dan Kalimantan yaitu Dumai, Bengkalis, Siak, Tebing Tinggi, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Bembam, Tarempa, Ranai, Singkawang, Kuala Tungkal dan Daik Lingga.

Selain lima kabupaten tersebut, Palapa Ring Barat juga menjangkau 6 (enam) kabupaten/kota yang merupakan titik interkoneksi dengan jaringan tulang punggung serat optik yang telah dibangun oleh operator telekomunikasi. Salah satunya adalah kota Singkawang  yang terletak di Propinsi Kalimantan Barat.

Pada 11 Maret 2018, proyek Palapa Ring Barat telah rampung dibangun dan siap mengoperasionalkan jaringan internet untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Rudiantara, Menkominfo pada bulan Maret 2018 telah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Natuna untuk meninjau langsung kesiapan operasional Palapa Ring Barat dengan melakukan uji coba internet cepat bersama dengan Bupati dan masyarakat sekitar.

Dalam kunjungannya kali ini ke Singkawang, Menkominfo hadir bersama dengan Johan Budi (StafSus Presiden) dan memberikan penjelasan tentang progres pembangunan serta prinsip pengoperasionalan dan bisnis proses dari Palapa Ring.

Rudiantara juga melakukan pengecekan atas NOC dan memastikan bahwa kesiapan operasional jaringan Palapa Ring Barat di Singkawang dalam melayani kebutuhan masyarakat akan internet cepat.

Menkominfo menghimbau kepada para operator seluler untuk bisa segera memanfaatkan jaringan kabel serat optik bawah laut Palapa Ring Barat untuk meluaskan jaringan sampai ke pedesaan.

“Palapa Ring Barat ibaratnya jalan tol dan operator diharapkan membangun jalan aksesnya. Pemerintah akan memberikan keringanan harga sewa dan kemudahan perizinan untuk pemakaian Palapa Ring Barat karena proyek ini merupakan wujud keberpihakan pemerintah untuk memberikan layanan komunikasi dan internet bagi seluruh masyarakat,” katanya.

Menkominfo juga berharap pemerintah daerah akan mempermudah proses perizinannya.

“Sekarang merupakan era digitalisasi, dengan adanya Palapa Ring, maka wilayah yang tidak tersentuh oleh broadband akan menjadi memiliki akses broadband yang diharapkan masyarakat daerah dapat menikmakti layanan seluler dan internet sama seperti masyarakat kota dan memanfaatkannya untuk peningkatan taraf hidup di bidang ekonomi serta pendidikan,” pungkasnya. (rilis)